Bukan Budaya Toraja, Polsek Rantepao Bubarkan Tarian Jinggo-jinggo

Bukan Budaya Toraja, Polsek Rantepao Bubarkan Tarian Jinggo-jinggo
Sejumlah pemuda yang melakukan tarian jinggo-jinggo di pasar Bolu Toraja Utara di bubarkan Polsek Rantepao, Selasa (26/7).

KabarMakassar.com -- Maraknya kegiatan tarian Jinggo-jinggo atau tarian yang menyerupai tarian Dero (madero) yang ada diwilayah hukum Polres Tana Toraja dengan berbagai macam dampak yang ditimbulkannya, Polsek Rantepao membubarkan setiap kegiatan tarian tersebut di Toraja.

Kapolres Tana Toraja AKBP Julianto P. Sirait mengatakan, kegiatan tarian Jinggo-jinggo tersebut bukanlah budaya Toraja dan jajaran Polres Tana Toraja dan tidak akan mengeluarkan izin untuk kegiatan tersebut.   

Kapolsek Rantepao Kompol Marthen Buttu didampingi oleh Panit I Reskrim Aiptu Albertus Timsus  Polsek Rantepao ditugaskan untuk melaksanakan pembubaran terhadap sekelompok pemuda yang diduga melaksanakan kegiatan Jinggo-jinggo di Terminal Bolu, Toraja Utara. 

Dimana kegiatan tersebut, kerap terjadi pada malam hari, dan para pemuda yang berada diterminal melakukan tarian tersebut dan membuat warga di wilayah tersebut terganggu.

Kapolsek Rantepao Kompol Marthen Buttu mengatakan bahwa sekelompok pemuda tersebut didapatkan sedang melakukan kegiatan yang diduga Jinggo-jinggo dan pada lokasi terdapat minum ballo' (miras) sekitar 20 liter.

“Kami bersama anggota Timsus Polsek Rantepao Polres Tana Toraja yang datang ke lokasi langsung melakukan pemeriksaan terhadap pemuda-pemuda tersebut selanjutnya memberikan himbauan dan pembubaran agar segera pulang ke rumah masing-masing," ujarnya, Rabu (27/2).

Kelompok Jinggo-jinggo tersebut pada 26 Februari 2019 mendapatkan laporan masuk dari warga, dimana laporan tersebut sangat meresahkan masyarakat sekitaran Pasar Bolu, Kecamatan Tallung Lipu, Toraja Utara.

Dimana aktifitas tari-tarian tanpa izin tersebut digelar sampai larut malam, bercampur antara laki-laki dan perempuan, dan mengkomsumsi miras jenis ballo.
 

Penulis : Andarias Padaunan

Editor : Fritz Wongkar