Pemkab Pinrang Akan Menyangsi ASN Penyebar Hoax

Pemkab Pinrang  Akan Menyangsi ASN  Penyebar Hoax
Ilustrasi (Int)

KabarMakassar.Com, PINRANG --- Pemerintah Kabupaten Pinrang secara tegas  akan memberikan sanksi kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Pinrang yang terlibat menyebarkan HOAX. Buktinya, pemkab Pinrang mengeluarkan Surat Edaran No.200/245/Kesbangpol untuk mengingatkan ASN tentang larangan menyebarkan HOAX. Surat Edaran itu diterbitkan terkait dugaan  keterlibatan ASN dalam penyebaran informasi HOAX jelang pemilu April 2019.  

"Selama ini ASN selalu beranggapan jika terkena sanksi paling hanya sanksi administrasi sedangkan mereka juga bisa terkena tindak pidana UU Pemilu dengan sanksi kurungan 1 tahun dan denda 12 Juta " Ucap Saifullah Kasubag Umum Kepegawaian dan Hukum Kesbangpol Kabupaten Pinrang. 

Meski masih punya hak pilih ASN harus tampil netral tidak diperbolehkan untuk berkampanye apa lagi menggunakan fasilitas negara untuk keperluan kampanye suatu caleg.

"Surat Edaran ini telah kami kirim ke SKPD, Camat,Kantor Lurah dan Kantor Desa bahkan sampai keperangkat-perangkat desa untuk kemudian disosialisasikan" Tambahnya

Menindak lanjuti surat edaran itu, Diskominfo Kabupaten Pinrang melaksanakan sosialisasi terkait menangkal berita Hoaks dan Netralisasi ASN pada Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan 17 April mendatang.

Kadis Kominfo Zaenal Hafid saat dihubungi melalui pesan whatsapp menyampaikan bahwa dari pihak Kominfo sendiri untuk menangkal berita hoaks kami sampaikan kepada ASN bila info yg diterima harus ditelaah dan dipelajari dulu dengan baik apakah benar atau salah. Kalau salah jgn dishare, tapi jika berita itu penting untuk diketahui silahkan dishare ucapnya.

Penulis : Sulistiawati

Editor : Redaksi