Bolu Cukke Ole-Ole Khas Hingga Camilan Perjalanan Saat Umroh

Bolu Cukke Ole-Ole Khas Hingga Camilan Perjalanan Saat Umroh
Bolu Cukke (Foto: Sulis/KabarMakassar).

KabarMakassar.com -- Bolu Cukke adalah salahsatu kue khas Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, dimana kue ini yang paling dicari-cari jika kita berkunjung ke Pinrang, bagaimana tidak kue bolu cukke meski terbuat dari bahan yang sederhana seperti tepung dan gula merah namun rasanya tidak kalah dengan kue-kue modern.

Bolu Cukke sangat menarik dan enak karena memiliki tekstur yang lembut dan manisnya yang pas karena terbuat dari tepung dan gula merah.

Sebagai bukti nikmatnya kue bolu cukke ini, selain banyak dijual di sekitar kabupaten Pinrang banyak juga yang pesan kemudian dibawa untuk dijual ke Kalimantan dan juga Pulau Jawa.

Awalnya kue bolu cukke hanya sebagai kue tradisional tapi menurut Pak Junaidi warga Mattirobulu, Pinrang ini mengatakan, kue bolu cukke juga bisa menjadi peluang usaha, sebab Pak Junaidi bersama istrinya selama 10 Tahun menggeluti usaha jual kue Bolu Cukke didepan rumahnya di Mattirobulu atau wilayah bulu poro Makassar-Pinrang.

"Awalnya saya cuma buat sedikit saja, dan mau saya masukkan ke warung-warung, tapi jual di rumah saja sudah banyak yang beli. Jadi sudah tidak bisa mi dibawa ke warung-warung" ucap Junaedi saat ditemui KabarMakassar.com

Junaedi mengatakan, Ssaat ini permintaan kue Bolu Cukke meningkat karena selain bisa menjadi cemilan bagi mereka yang melakukan perjalanan seperti Umroh atau Haji, kue ini pun dijadikan ole-ole saat bepergian atau pulang kampung menuju arah ke daerah Polman, Mamuju, Enrekang dan Tator.

"Alhamdulillah sejak 2009 usaha ini saya geluti bersama istri saya, kami sudah berhasil membangun rumah karena jika hanya mengandalkan pekerjaan saya sebagai sales motor mungkin tidak bisa karena penghasilan yang saya dapat dengan jual kue bolu cukke ini agak lumayan" kenang Pak Junaidi.

Bolu cukke di Kabupaten Pinrang sebenarnya sudah lama jadi peluang usaha namun sistem pemasarannya masih dari warung ke warung, sedangkan dijual dipinggir jalan poros seperti ini masih kurang.

"Jika nanti banyak ikut jualan dipinggir-pinggir jalan poros seperti ini saya tidak khawatir karena rezeki tiap orang itu berbeda-beda, bahkan lebih bagus lagi supaya Bolu Cukke asal Pinrang bisa lebih di kenal luas" Harap Pak Junaidi.

Usaha Pak Junaidi bisa berkembang seperti ini tidak luput dari perhatian Pemerintah melalui Dinas Koperasi pak Junaidi dan istri mendapat bantuan berupa dana dan juga dapat bantuan dari Tonasa.

Penulis : Sulistiawati

Editor : Fritz Wongkar