Peringati HPSN 2019, Earth Hour Makassar Bersih Pantai

Peringati HPSN 2019, Earth Hour Makassar Bersih Pantai
Earth Hour Makassar dengan melakukan Aksi bersih pantai di Pantai Tanjung Bayang, Sabtu (23/2).

KabarMakassar.com -- Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh setiap tanggal 21 Februari, dirayakan Earth Hour Makassar dengan melakukan Aksi bersih pantai di Pantai Tanjung Bayang, Sabtu (23/2).

Penanggung jawab aksi bersih, Muhammad Rezi Akbar, mengatakan Indonesia banyak pantai-pantai di Indonesia yang diakui oleh dunia internasional dan merupakan aset pariwisata untuk menarik perhatian wisatawan mancanegara. 

Namun, tidak sedikit kawasan pantai dan laut tercemar oleh sampah-sampah yang dihasilkan oleh masyarakat setempat maupun para pengunjung.

"Earth Hour Makassar sebagai salah satu gerakan yang fokus pada isu lingkungan, tentu kami tak ingin ketinggalan menjadikan momen ini sebagai sarana untuk memberikan pendidikan pentingnya menjaga kebersihan pantai kepada masyarakat, tak hanya itu kami pun ingin masyarakat sadar akan manfaat menjaga kebersihan pantai salah satunya adalah menarik minat wisatawan untuk berkunjung", terang Eci, sapaan akrabnya.

Seperti diketahui, Indonesia menjadi salah satu negara dengan penyumbang sampah plastik terbanyak kedua di dunia, olehnya itu, Eci berharap melalui kegiatan ini, dapat mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan pantai yang tentu akan berdampak pada terjaganya ekosistem laut.


"Bukan hanya untuk masyarakat yang tinggal disekitar Pantai Tanjung Bayang ini, tapi juga masyarakat pesisir lainnya dapat menjaga kelestarian serta kebersihan pantai tersebut. Terkhusus bagi para pengunjung pantai, kalian datang untuk menikmati keindahannya bukan menghancurkannya dengan cara membuang sampah sembarangan, semoga dengan kami datang masyarakat tergerak hatinya untuk bersama-sama menjaga keindahan dan kebersihan pantai khususnya Tanjung Bayang ini,"tutupnya.

Aksi kali ini dilakukan dengan berkolabor aksi bersama Red Planet Indonesia bersama beberapa komunitas lainnya yang ada kota di Makassar.

Sekadar diketahui, HPSN merupakan Hari Peduli Sampah Nasional yang dicanangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI sebagai pengingat tentang bencana lingkungan akibat longsornya TPA Leuwi Gajah Bandung pada 21 Februari 2005 silam.

Earth Hour sendiri merupakan merupakan salah satu gerakan yang diinisiasi oleh WWF (World Wide Fund for Nature) yang berfokus pada kampanye global untuk melawan perubahan iklim.
 

Penulis : Isak Pasa'buan

Editor : Fritz Wongkar