CEK FAKTA: [SALAH] Surat Suara Papua Barat Nyasar di KPU Takalar

CEK FAKTA: [SALAH] Surat Suara Papua Barat Nyasar di KPU Takalar
Kantor KPU Takalar (Foto: Saleh Sibali/KabarMakassar.com).

KabarMakassar.com -- Beredar informasi ribuan surat suara DPR RI untuk wilayah Provinsi Papua Barat nyasar hingga di KPU Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan. 

Dimana Komisioner KPU Papua, Jufri mengatakan jika surat suara tersebut berada di wilayah Sulawesi Selatan.  

"Informasinya, konternernya yang salah di turunkan, di daerah sulawesi, sebenarnya tidak ada masalah, hanya kan masalah seperti ini tidak boleh terjadi dan itu kesalahan dari pabrik,” kata Jufri dikutip dari Balleo News, pada (14/2).

CEK FAKTA:

KPU Provinsi Sulawesi selatan melalui Komisioner KPU Sulsel, Uslimin Densi mengatakan jika bukan surat suara yang nyasar hingga ke KPU Takalar, namun formulir C1 yang salah kirim melalui kontainer.

"Tidak benar bukan surat suara, tetapi formulir C1 nya yang salah, tapi itu juga bukan milik Papua Barat," kata Uslimin, Jumat (15/2).

Ketua KPU Sulsel, Misna Attas mengatakan, surat suara salah alamat tidak ada informasi seperti yang diberitakan jika kontainer salah lokasi.

"Hoaks itu tidak benar, tidak ada itu surat suara tertukar," tanya Ketua KPU Sulsel, Misna Attas.

Kepala Sub Bagian Umum dan Logistik KPU Takalar, Ridwan membenarkan jika ada formulir C1 yang tiba di KPU Takalar sekira pukul 10:00 Wita, pada Kamis (14/2).

"Yang kami terima kemarin bukan surat suara, tapi formulir C1 yang diperuntukkan untuk Papua Barat, bukan untuk Takalar. Dan belum ada surat suara, justru di infomasikan ke KPU Takalar jika mendapat giliran pada hari Senin 18 Februari mendatang," kata Ridwan.

KPU Takalar mendapatkan 49 boks formulir C1, dan surat suara baru akan di distribusi dari percetakan di Surabaya pada Senin, 18 Februari 2019. Surat suara tersebut akan tiba dari DPR RI untuk 843 TPS di Kabupaten Takalar.

Referensi: 
Judul: Komisioner KPU Papua Bantah Ribuan Surat Suara Hilang
https://kumparan.com/balleonews/komisioner-kpu-papua-bantah-ribuan-surat-suara-hilang-1550164156872716419?utm_source=Mobilesite&utm_medium=whatsapp&utm_campaign=Share.
 

Penulis : Saleh Sibali

Editor : Fritz Wongkar