Tjahjo Kumolo: Humas Jangan Beritakan Kepala Daerah Saja

Tjahjo Kumolo: Humas Jangan Beritakan Kepala Daerah Saja
Menteri Dalam Neger, Tjahjo Kumolo (ist).

KabarMakassar.com -- Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo menegaskan kepada jajaran pejabat humas untuk tidak hanya mendokumentasikan acara internal pemprov di daerah. Ia juga memnita agar humas aktif mensosialisasikan program-program pemerintah kepada masyarakat.

Mendagri menyoroti humas yang hanya fokus pada dokumentasi kegiatan kepala daerah. Hal tersebut diungkapkan Tjahjo saat ditemui di Rakornas Bidang Kehumasan dan Hukum Kemendagri di hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Seperti dilansir Suara.com--jaringan KabarMakassar.com, Senin (11/2).

"Intinya ingin menegaskan bahwa humas di daerah jangan hanya meliput berita kegiatan kepala daerah, tapi harus bisa jadi juru bicara menyuarakan apa yang dikerjakan oleh pemerintah," ujarnya.

Tjahjo Kumolo menambahkan jika humas di setiap provinsi juga bertanggung jawab untuk mensosialisasi informasi terkait pemilu yang akan digelar pada 17 April mendatang. Maka dari itu ia menekan pejabat humas agar berperan aktif berinovasi dan membuat konten menarik untuk mengimbau masyarkat ikut memilih pada pemilu.

"Kita terus kampanye untuk menggerakan masyarakat di daerah untuk mau datang ke TPS," katanya.

Tidak hanya itu, pemerintah provinsi di berbagai daerah juga punya kewajiban untuk menetralisir isu miring yang beredar di masyarakat selama pilkada. Hal tersebut bukan hanya tanggung jawab Bawaslu dan KPU saja, melainkan seluruh aparatur sipil negara.

"Pemerintah harus bertindak cepat dalam merespon isu sara agar terciptanya pemberitaan yang menciptaka suasana yang kondusif selama masa pemilu 2019," jelasnya.

Rakornas ini diselenggarakan di hotel Bidakara, Jakarta Selatan dengan dihadiri 514 humas dan 34 biro humas di tingkat provinsi. (sumber:Suara.com)

Penulis : Redaksi

Editor : Fritz Wongkar