Bawaslu Pinrang: Kadis Perindag Diduga Lakukan Pelanggaran Pemilu

Bawaslu Pinrang: Kadis Perindag Diduga Lakukan Pelanggaran Pemilu
Bawaslu (int)

KabarMakassar.com -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten Pinrang mengatakan, ada salahsatu ASN yang merupakan kepala dinas perindustrian dan perdagangan kabupaten Pinrang melakukan pelanggaran pemilu.

Ditemui di ruang kerjanya, Ketua Bawaslu Pinrang, Ruslan Wadud mengatakan, dimana ia menerima informasi awal jika adanya alat peraga kampanye berupa kalender calon anggota legislatif (Caleg) terpajang di ruang kantor lingkup Dinas perindustrian dan perdagangan Pinrang.

"Maka sesuai dengan Peraturan Bawaslu nomor 7, apabila ada informasi awal maka Bawaslu wajib untuk turun memastikan informasi tersebut"kata Ruslan Wadud.

Ketua Bawaslu saat itu juga memerintahkan Panwas Kecamatan Watang Sawitto, untuk turun memastikan kebenaran informasi tersebut.

"Ternyata informasi tersebut benar adanya dengan ditemukannya beberapa alat peraga Caleg, berupa kalender yang terpasang di ruangan Kepala bidang dan staf bahkan di temukan kalender Caleg yang belum sempat terpasang masih tergulung dan diletakkan diatas meja," ujar Ruslan Wadud, Jumat (8/2).

Sementara itu, salahsatu pegawai dari dinas perindag Pinrang yang enggan disebutkan namanya, saat dikonfirmasi mengenai kalender tersebut, hanya bisa menjawab di suruh oleh Kepala dinas dan saat pemeriksaan Panwas Kecamatan Watang Sawitto Kepala Dinas Perindag tidak sedang berada ditempat.

Menemukan kejadian tersebut Bawaslu akhirnya memutuskan untuk ditindak lanjuti dengan cara dilakukan investigasi selama 3 hari kemudian hasil dari investigasi tersebut, akhirnya hasil rapat pelno tersebut memutuskan jika ada dugaan pelanggaran pidana netralitasi ASN.

Bawaslu Pinrang menangani kasus tersebut sejak, Kamis (7/2) kemarin, dimana kasus ini telah masuk tahap penyelidikan dan diserahkan kepada tim Gabungan Penegak Hukum Terpadu (GAPUMDU) selama 14 hari kerja.

Jika terbukti melakukan pelanggaran pidana netralitas ASN maka Bawaslu Kabupaten Pinrang akan merekomendasikan kepada Komisi ASN yang ada di Jakarta untuk ditindak lanjuti selaku eksekutor dari Pelanggaran Pemilu Netralitas ASN.

"Bawaslu Kabupaten Pinrang telah berusaha semaksimal mungkil untuk mencegah ketidak netralan ASN dalam Pemilu dengan mengeluarkan surat himbauan kepada seluruh Instansi Pemerintah sejak masuk tahapan kampanye sampai hari ini. Bentuk-bentuk pencegahan telah kami lakukan namun dengan adanya kasus ini kami sadari masih kurang pale maksimanya kami punya pencegahan sehingga kami masih perlu menemukan trik-trik yang lain," tutup Ketua Bawaslu Pinrang, Ruslan Wadud.
 

Penulis : Sulistiawati

Editor : Fritz Wongkar