Cuaca Buruk Pengaruhi Harga Jual Ikan Di Kota Makassar

Cuaca Buruk Pengaruhi Harga Jual Ikan Di Kota Makassar
Nelayan (int)

KabarMakassar.com -- Cuaca buruk yang melanda kota Makassar membuat para nelayan tidak berani berlayar ke tengah laut, kuatir akan adanya gelombang tinggi  mengakibatkan harga ikan laut melonjak dipasaran, khusunya di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Rajawali, Kota Makassar.

Kepala UPTD Rajawali, Firman Rahim mengatakan saat ini kenaikan harga ikan laut berkisaran 10 atau 20 persen dari harga biasanya, hanya 5 persen. Sementara ikan tawar masih tetap stabil di pasaran.

"Hal ini sudah berlangsung selama tiga bulan terakhir karena para nelayan tidak bisa memperoleh hasil tangkapan ikan yang banyak,”ungkap Firman Rahim kepada Kabar Makassar, Kamis (7/2).

Dia menjelaskan kenaikan harga ikan laut sudah sering terjadi tiap tahun dengan periode yang sama. Akibat memasuki musim penghujan atau cuaca buruk, sehingga nelayan tidak berani berlayar ke tengah laut. 

Kondisi ini akan stabil saat memasuki bulan maret. Walaupun demikian warga masih tetap membeli ikan karena kebutuhan sehari-hari sebagai protein dalam tubuh.

Selain itu, Rahman juga menghimbau kepada para nelayan agar tidak terlalu jauh berlayar dalam mencari ikan. Nanti cuaca membaik baru kembali beroperasi seperti semula.
 

Penulis :

Editor : Fritz Wongkar