Ketua KPU Bulukumba Belum Izinkan Caleg Kampanye di Media

Ketua KPU Bulukumba Belum Izinkan Caleg Kampanye di Media
Pileg 2019 (int)

KabarMakassar.com -- Sesuai dengan regulasi PKPU No 23 tahun 2018 tentang kampanye, para Calon Anggota Legisltif (Caleg) baru bisa mempromosikan beberapa hari sebelum masa tenang kampanye, atau mulai tanggal 23 Maret hingga awal April 2019. Hal tersebut ditegaskan oleh Ketua KPU Bulukumba, Kaharuddin, Rabu (6/2). 

Dikonfirmasi melalui telfon, Ketua KPU Bulukumba mengatakan, belum saatnya Caleg melakukan kampanye di media massa.

"Pengertian Kampanye itu berarti mempromosikan diri, dan seperti yang terjadi saat ini mengiklan dengan menuliskan dirinya caleg itu sudah melanggar, belum saatnya," kata Kaharuddin.

Ia pun menjelaskan jika iklan melalui media cetak dan eletronik harus melalui mediasi dengan KPU, seperti halnya dengan pemasangan pamflet dan baliho. 

Hal tersebut dilakukan guna mengurangi pelanggaran saat masa-masa kampanye.

Sementara Komisioner Bawaslu Bulukumba, Bakri Abu Bakar, mengaku bakal melakukan pencermatan terlebih dahulu terkait definisi kampanye yang tertuang dalam PKPU No 23, yakni kegiatan peserta pemilu atau pihak lain yang ditunjuk oleh peserta pemilu atau pihak lain yang ditunjuk oleh peserta pemilu untuk meyakinkan pemilih dengan menawarkan visi misi, program, dan atau citra diri peserta pemilu.

"Yang di maknai citra diri adalah logo dan nomor urut partai," jelasnya.

Namun saat dikonfirmasi terkait sanksi, Komisoner Bawaslu, Bakri Abu Bakar belum memberikan respon.
 

Penulis : Fitriani Lestari

Editor : Fritz Wongkar