Perkuat Pentahelix Pariwisata, Disbudpar Sulsel Deklarasi Sekertariat Bersama

Perkuat Pentahelix Pariwisata, Disbudpar Sulsel Deklarasi Sekertariat Bersama

KabarMakassar -- Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulawesi Selatan melakukan penandatanganan prasasti sekertariat bersama Pentahelix Pariwisata Sulawesi Selatan di kawasan Gedung Mulo, Jalan Jenderal Sudirman Makassar, Kamis, (31/1)

.Hal ini digagas Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulawesi Selatan di masa kepemimpinan H.A. Musaffar Syah guna memperkuat sinergitas unsur Pentahelix Pariwisata Sulsel. Sekaligus mendukung program prioritas Gubernur Sulsel yang berkomitmen mengembangkan kepariwisataan daerah sebagai salah satu unggulan dalam Program Pembangunan Sulawesi Selatan.

"Sekertariat bersama ini mungkin pertama kalinya dilakukan di Indonesia timur. Kami sengaja menyiapkan fasilitas berupa bangunan khusus bagi pelaku industri dan komponen lainnya untuk beraktifitas bersama. Ini kami lakukan untuk memperkuat sinergitas stakeholder kepariwisataan," kalau sinergi unsur pentahelix berjalan baik maka pembangunan pariwisata sbg prioritas akan berjalan dengan bai, ujar Musaffar Syah di sela-sela peresmian sekertariat bersama pentahelix Sulsel di kawasan kompleks Gedung Mulo, Jalan Jenderal Sudirman Makassar, Kamis, 31 Januari 2019.

Peresmian sekertariat bersama ini telah mengakomodir seluruh organisasi dan lembaga yang bergerak di sektor kepariwisataan daerah seperti BPPD Sulsel, GIPI Sulsel, BPD PHRI Sulsel, DPD ASITA Sulsel, IHGMA Chapter Sulawesi dan perwakilan akademisi LSP Anging Mamiri.

"Inilah sekertariat yang paling lengkap di Indonesia timur. Unsur media dan komunitas pun ada disini. Mereka aktif dan bergabung di unsur pelaksana BPPD Sulsel. Kita berharap sekertariat bersama ini bisa jadi percontohan nasional bagaimana membangun sinergitas pentahelix pariwisata daerah," kata Musaffar di sela-sela masa akhir jabatannya sebagai Kadisbudpar Sulsel yang bertepatan berakhir pada hari ini.

Kegiatan peresmian yang dilaksanakan sebelum memasuki masa purna bakti Kadisbudpar Sulsel ini di prakarsai pelaku industri pariwisata Sulsel melalui sinergitas BPPD Sulsel dan GIPI Sulsel bersama pelaku industri lainnya seperti PHRI, ASITA, IHGMA dan asosiasi lainnya.

Hadir juga segenap unsur pejabat lingkungan Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel seperti Kabid Pemasaran Syafruddin Rahim dan sejumlah unsur kepegawaian dari berbagai golongan di lingkup OPD tersebut.

Penulis :

Editor : Yusrifar