Kanker dan Program Pencegahan

oleh Sulistiawati rahman S.km

Kanker dan Program Pencegahan

Penderita Kanker yang terus bertambah dari tahun ke tahun seperti yang dipaparkan oleh dr.Siti Anisa Nurhonni SpKFR sebagai penanggung jawab program paliatif dari Yayasan Kanker Indonesia Pusat (YKIP) tidak bisa kita acuhkan begitu saja mengingat belum adanya kejelasan mengenai faktor utama dari penyebab penyakit kanker sampai hari ini. 

Program paliatif yang dianggap mampu memberi kualitas hidup yang lebih baik bagi penderita kanker karena melibatkan lingkungan sekitar penderita. Program yang dilakukan oleh YKIP ini sangat tetap sebab berdasarkan kebutuhan penderita kanker namun mengingat keganasan dari penyakit ini sudah seharusnya langkah pencegahan juga mulai difikirkan oleh pemerintah. Meskipun pencegahan kanker dengan suntik vaksin anti kanker telah ada dan sudah bisa dilakukan oleh masyarakat namun kesadaran akan bahayanya penyakit ini masih sangat minim.

Maka dari itu selain program paliatif yang di fokuskan pada penderita kanker pemerintah juga seharusnya membuat program pencegahan agar nantinya kesadaran pencegahan juga bisa diterapkan oleh masyarakat . Program pencegahan juga sangat penting sebab mencegah selalu lebih baik dari mengobati. Melibatkan instansi negeri atau pun swasta dalam program ini nantinya agar kegiatan bisa terlaksana dengan maksimal maka peringatan WHO bahwa indonesia jika tidak melakukan pencegahan maka penderita kanker akan meningkat 7 kali lipat di tahun 2030 tidak akan terjadi sebab kita mampu menekan angka peningkatannya dengan program pencegahan kanker.

Penulis : Citizen Report

Editor : Yusrifar