Panorama Obyek Wisata Pabaladoan Toraja Diperbatasan Sulsel

Panorama Obyek Wisata Pabaladoan Toraja Diperbatasan Sulsel
Obyek wisata Pabaladoan Masanda (Andarias).

KabarMakassar.com -- Masih ada lagi obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan di Tana Toraja. Sama halnya dengan obyek wisata lainnya di Toraja yang menyajikan panorama indah di puncak ketinggian pegunungan.

Namun obyek wisata ini merupakan salahsatu wilayah yang berada di perbatasan antara Sulawesi selatan dan Sulawesi Barat. Obyek wisata Pabaladoan, dimana wisata ini merupakan perbukitan indah di Lembang Sesesalu, Kecamatan Masanda, Tana Toraja.

Membutuhkan waktu dua jam untuk sampai di wilayah ini ketika kita start dari Kota Makale, jika kita menggunakan sepeda motor. Namun jika memiliki roda 4, kita bisa tempuh dengan waktu 3 hingga 4 jam tergantung cuaca.

Untuk diketahui jika obyek wisata ini sudah menarik perhatian anggota DPRD Tana Toraja dan salahsatu tokoh orang toraja, dan beberapa waktu lalu sempat singgah menikmati pemandangan alam menarik tersebut.

Terlebih lagi obyek wisata Pabaladoan ini diminati siswa sekolah dan menjadikannya lokasi perkemahan pramuka para murid sekolah yang berada di wilayah tersebut.

Ketua DPRD Tana Toraja, wellem Sambolangi mengatakan jika obyek wisata Pabaladoan tersebut kedepan bakal menggenjot pariwisata yang akan diusulkan untuk memperbaiki infrastruktur jalan di obyek wisata tersebut.

"Ini menarik, untuk itu kita usulkan, agar pemerintah daerah Tana Toraja juga memperhatikan wisata yang menarik perhatian ini"kata Wellem Sambolangi beberapa waktu lalu.

Ia juga berharap Pemerintah daerah menangkap peluang baru di wisata Pabaladoan, dimana beberapa lokasi bisa dijadikan area perkebunan wisata dan juga sebagai tempat obyek wisata taman buah. Karena lokasi tersebut juga layak ditanami buah, dan hal tersebut bisa memanfaatkan kreatifitas warga sekitar untuk memanfaatkan peluang pengelolaan wisata baru.

Penulis : Andarias Padaunan

Editor : Fritz Wongkar