Kabar Makassar Masuk Jaringan Cek Fakta Di Debat Capres

Kabar Makassar Masuk Jaringan Cek Fakta Di Debat Capres
Kabar Makassar Masuk Jaringan Cek Fakta Debat Capres

KabarMakassar.com -- Media online Kabar Makassar masuk dalam satu jaringan cek fakta pada debat Calon Presiden (Capres) di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan yang digelar pada malam ini, Kamis (17/1). 

Sebanyak 22 media nasional dan lokal berkolaborasi dalam cek fakta dalam debat. Kabar Makassar mengirimkan tim dalam melakukan verifikasi cek fakta jika dalam isi debat menyebut kata "Makassar". Begitu juga media yang terlibat dalam cek fakta dalam wilayah masing-masing.

Untuk diketahui jika cekfakta.com adalah sebuah sebuah proyek kolaboratif pengecekan fakta yang dibangun di atas API Yudistira oleh Mafindo ( Masyarakat Anti Fitnah Indonesia ) dan bekerja sama dengan beberapa media online yang tergabung di AJI ( Aliansi Jurnalis Indonesia ) dan AMSI ( Asosiasi Media Siber Indonesia ) serta didukung oleh Google News Initiative dan Internews serta FirstDraft.

cekfakta.com pertama kali diluncurkan di acara ‘Trusted Media Summit 2018’ yang diadakan di Jakarta pada Sabtu, 5 Mei 2018 setelah penandatangan MOU oleh 22 Pemred dan Ketua Mafindo.

Berikut 22 media yang tergabung dalam Cek Fakta adalah Tirto, Viva News, Swara.com, detikcom, Kompas.com, Liputan6.com, Merdeka.com, Katadata.co.id, Berita Jatim, KBR.co.id, Mafindo, Bisnis.com, Berita Satu, Kabarmedan.com, KabarMakassar.com, Antaranews.com, TimesIndonesia.co.id, Riauonline.co.id, TheJakartaPost.com, dan Republika.co.id.
 

Penulis : Redaksi

Editor : Fritz Wongkar