Jokowi-Ma'ruf Hadapi Debat Pertama dengan Gembira

Jokowi-Ma'ruf Hadapi Debat Pertama dengan Gembira
Capres Nomor urut 01 bersama para pimpinan partai politik (int)

KabarMakassar.com -- Ronde pertama dari lima pagelaran debat capres dan cawapres berlangsung di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (17/1). Kali ini, temanya ‘Pemberantasan Korupsi, Terorisme, serta Penanganan Hukum dan Hak Asasi Manusia’. 

Empat lembaga penyiaran menjadi penyelenggara debat perdana ini yakni TVRI, RRI, KompasTv dan RTV. Bertindak sebagai moderator yakni duo broadcaster senior Dwi Noviratri Koesno Martoatmodjo alias Ira Koesno dan Imam Priyono.

Menghadapi debat pertama, pasangan capres-cawapres 01 Jokowi-Kiai Ma’ruf Amin dengan rileks. 

Secara konten substansial, berbagai simulai dilakukan Jokowi-Amin, antara lain dipandu mantan presenter TV Tina Talisa. Eks penyiar Transtv dan TV One ini pernah jadi moderator debat pemilihan Gubernur DKI Jakarta dua tahun silam. 

Kehadirannya dalam persiapan diharapkan memberi atmosfer debat beneran, terutama soal ketepatan waktu dan persoalan akurasi jawaban.

 Meskipun debat tersebut merupakan acara penting, Jokowi mampu membagi waktu dengan baik antara peran sebagai presiden maupun sebagai calon presiden, yang perlu waktu untuk persiapan debat. 

Ini tampak pada jadwal-jadwal kepresidenan setidaknya empat hari sebelum acara debat berlangsung. Sebagai pelayan masyarakat, agenda kepresidenan tetap ‘on’. Ini tampak pada padatnya jadwal Jokowi pada Senin, 14 Januari 2019, dari berkunjung ke BKPM, menemui perangkat desa di Istora Senayan serta dua kali memimpin rapat terbatas Kabinet Kerja. 

Adapun acara Selasa, 15 Januari 2019 sengaja dikosongkan dari agenda resmi kepresidenan. Rabu, 16 Januari, acara protokoler hanya berlangsung pagi hari di Sentul, Bogor, yakni membuka program wirausaha ASN dan peserta pensiunan.

Pada Selasa malam, Jokowi berkumpul dengan elite partai koalisi pendukungnya: Koalisi Indonesia Kerja. Makan malam dan diskusi santai berlangsung di Restoran Seribu Rasa, Menteng. Pada Instagram-nya, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy menyebut pertemuan ini membahas berbagai isu politik terkini.

“Termasuk membahas persiapan debat pertama,” kata Romy. 

Suasana penuh senyum tampak pada foto yang diunggahnya. Selain Romy, ada pula Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum Hanura Osman Sapta Odang, Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo dan Ketua Umum PSI Grace Natalie.  

“Kami juga membahas upaya untuk lebih mempercepat peningkatan kesejahteraan rakyat,” papar Romy. Politisi 44 tahun kelahiran Sleman ini berkisah, pertemuan berlangsung hangat sambil makan malam.

“Ini namanya 'Ngopi', 'ngobrol pintar' menuju debat Capres pertama 17 Januari 2019,” kata Romy melalui akun Instagram-nya.

Romy menyatakan syukurnya, “Alhamdulilah, pertemuan berlangsung produktif, konstruktif, dan aspiratif. Semua memberi masukan yang konstruktif hasil penyerapan aspirasi rakyat di lapangan. Suasananya semangat dan kompak”tutupnya.

Penulis : Redaksi

Editor : Fritz Wongkar