Perusda
Bank SUlsel Bar

Mengapa nama Colliq Pujie Begitu Tenar di Barru?

Budaya Sulsel

on 25/2/18 Oleh
Mengapa nama Colliq Pujie Begitu Tenar di Barru?
Monumen Colliq Pujie yang terletak di Jalan Poros Barru. [Foto: Tiwa]

KabarMakassar.com, Barru --- Jika memasuki area Kota Barru kita akan mendapati nama Colli Pujie dimana-mana mulai dengan monumen hingga gedung perpustakaan

Taman Colliq Pujie. Disekitar taman colliq Pujie ini dibangun monumen pahlawan budaya Colliq Pujie. Selain monumen bersejarah di Alun-alun kota Barru ini juga dibangun fasilitas olahraga seperti jogging track, dan alat fitness sederhana lainnya. 

Lokasinya yang jaraknya sangat dekat dengan kantor Bupati dan tugu payung ini sangat startegis untuk dijangkau masyarakat. Hal tersebut dikarenakan agar monumen pahlawan Budaya Colliq Pujie dapat dikenali dengan mudah sebagai salah satu ikon yang ada di kabupaten Barru.

Sekitar 200 meter dari taman Colliq Pujie kita akan menemukan bangunan perpustakaan daerah yang juga dinamakan perpustakaan Colliq Pujie.

Salah satu aula yang berada di kantor Bupati Barru juga diberi nama ruang pola Colliq Pujie. Tempat tersebut biasa digunakan sebagai forum rapat serta kunjungan kerja.

Sekitar 17 km ke arah Selatan kota Barru sebuah kampung bernama desa Pancana juga memiliki Baruga bernama Colliq Pujie. Baruga ini biasanya digunakan oleh warga setempat untuk acara-acara desa.

Colliq Pujie atau Retna Kencana Colliq Pujié Arung Pancana Toa Matinroé ri Tucaé adalah adalah putri dari La Rumpang, Raja kerajaan Tanete (sekarang dikenal kabupaten Barru).

Colliq Pujie dikenal sebagai penyalin dan penyunting 12 jilid yang terdiri dari 300.000 bait naskah I Lagaligo. Dari hasil karyanya tersebut olehnya itu Pemerintah memberi gelar Datu Tanete dan Pahlawan Budaya yang didedikasikan lewat ikon Monumen.(*)