Ada 5 Jurus Atasi Stres Di Hari Senin

Ada 5 Jurus Atasi Stres Di Hari Senin
Monday (ilt)

KabarMakassar.com -- Usai mendapatkan liburan weekend, bukannya merasa menjadi lebih bergairah atau lebih segar menghadapi hari-hari kerja. Namun rasa stres menghantui ketika kita mendengar hari Senin. 

Mengapa dan kenapa harus hari senin, rasa stress ini melanda bagi para pekerja kantoran. Berikut ada lima jurus yang dikutip dari Suara.com melalui HiMedik dari Everyday Health. 

Dimana stres di hari senin membuat dampaknya menjadi beragam mulai sakit kepala, pusing, hingga sakit perut dan rasa lelah.

Nah, untuk menghindarinya ikuti 5 tips atasi stres berikut ini:

1. Buat solusi dan rencana

Dilansir HiMedik dari Everyday Health, jika ada masalah khusus yang menyebabkan stres, maka buatlah daftar resolusi yang memungkinkan. Menyadari bahwa Anda memiliki pilihan, yang dilanjutkan dengan menyusun rencana konkret bisa berdampak langsung pada stres.

"Pecah tugas menjadi bagian-bagian yang lebih kecil sehingga Anda dapat mencoba untuk mencapai apa yang Anda butuhkan dalam satu jam, sehari, dan minggu depan sehingga masalahnya menjadi lebih mudah dikelola," jelas Larry Kubiak, PhD, seorang psikolog dan direktur layanan psikologis di pusat kesehatan perilaku Tallahassee Memorial Healthcare di Florida.

2. Menerima

Beberapa penyebab stres terjadi di luar kendali manusia. Anda harus belajar untuk menerimanya.

Tetap tenang dan bersedia menerima dukungan emosional dari orang lain dapat membantu mengelola stres.

3. Ungkapkan perasaan

Menyimpan perasaan sendiri bisa sangat menyebabkan stres. Berbicaralah dengan orang yang kamu percayai seperti teman, keluarga, atau rekan kerja tentang apa yang ada di pikiranmu untuk membuat stres hilang.

4. Manjakan diri

Stres harian dapat menyebabkan dampak buruk bahkan sebelum Anda menyadarinya. Jadi, manjakan diri Anda dengan melakukan aktivitas favorit.

Mendengarkan musik, bermeditasi, menulis dalam jurnal, atau menikmati mandi busa yang menenangkan adalah cara terbaik untuk bersantai dan menghilangkan stres.

5. Olahraga

Olahraga adalah salah satu metode terbaik untuk mengelola stres karena dapat menghilangkan efek fisik dan emosional dari stres. Pertimbangkan pilihan kebugaran yang juga memberikan efek pengurang stres spesifik seperti yoga, tai chi, pilates, atau salah satu seni bela diri.

"Olahraga dapat membantu mengatur dan menghilangkan secara produktif zat-zat kimia 'melawan' stres di otak," kata Kubiak. [HiMedik/Dwi Citra Permatasari Sunoto. Sumber: www.himedik.com]

Penulis : Redaksi

Editor : Fritz Wongkar