Sehari, 3 Wilayah Di Indonesia Diguncang Gempa Bumi

Sehari, 3 Wilayah Di Indonesia Diguncang Gempa Bumi
Gempa Bumi (ilustrasi)

KabarMakassar.com -- Dalam waktu satu hari, Indonesia dilanda gempa bumi di 3 wilayah diantaranya, Kabupaten Tanggamus, Lampung, Bengkulu Utara, dan Kabupaten Manggarai  Barat, NTT, yang terjadi pada pukul 02.05 WIB hingga pukul 21.13 WIB, Sabtu (12/1).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan jika ada tiga wilayah di Indonesia dalam waktun seharian dilanda gempa bumi.

Gempa yang pertama terjadi di Kabupaten Tanggamus, Lampung, Sabtu (12/1/2019). Gempa terjadi pada pukul 19.04 WIB. Gempa tersebut berkekuatan 5,0 Skala Richter. Berdasarkan laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di -6,86 Lintang Selatan (LS) dan 104,24 Bujur Timur (BT).

Atau lebih tepatnya berada di 176 kilomter barat daya Kabupaten Tanggamus, Lampung dengan kedalaman mencapai 10 kilometer. Terkait ada tidaknya kerusakan akibat gempa, hingga kini belum ada informasi apapun dari pihak BMKG.

Gempa kedua terjadi di Kabupaten Bengkulu Utara di Provinsi Bengkulu. Gempa berkekuatan magnitudo 5,5 itu terjadi pukul 02.05 WIB. BMKG melansir jika pusat gempa berada -3,37 LS dan 101.29 BT. Atau tepatnya di 77 kilometer Barat Daya Bengkulu Utara. Sedangkan kedalaman gempa mencapai 10 kilometer.

BMKG juga tidak melaporkan terkait adanya potensi tsunami maupun kerusakan yang ditimbulkan.

Setelah itu Gempa Bumi berlanjut di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan kekuatan gempa 5,1 SR terjadi pada pukul 21.13 WIB. BMKG melansir jika pusat gempa berada di 8,49 Lintang Selatan (LS) dan 119,77 Bujur Timur (BT). Tepatnya berada di 38 kilomter barat laut Kabupaten Manggarai Barat, NTT dengan kedalaman mencapai 19 kilometer.

Dilaporkan BMKG, gempa itu tidak berpotensi tsunami.
 

Penulis : Redaksi

Editor : Fritz Wongkar