Polres Bulukumba Ungkap Penipuan Kredit Motor

Polres Bulukumba Ungkap Penipuan Kredit Motor
Kapolres Bulukumba, AKBP Syamsu Ridwan memimpin langsung konferensi pers kasus penipuan kredit motor fiktif di Bulukumba.

KabarMakassar.com -- Polres Bulukumba menggelar konferensi pers terkait dengan penggelapan 180 unit kendraan milik PT. MAF Finance cabang Bulukumba, Jumat (11/1). 

Kapolres Bulukumba, AKBP Syamsu Ridwan memimpin langsung konferensi pers tersebut, ia didampingi Kasat Reskrim, AKP Bery Juana Putra. Dimana ada tiga orang pelaku penggelapan 180 unit kendaraan milik PT. MAF Finance.

Kedua tersangka tersebut yakni, DI (40) pekerjaan collector external dan dua orang temannya tersangka inisial NN (28) dan AN ( 23) yang merupakan karyawan PT. MAF Finance yang menggelapkan kendaraan dari perusahaan tempatnya bekerja.

"Tersangka nekat menggelapkan 180 unit kendaraan sepeda motor dengan rincian kerugian Rp3 Milyar itu dengan modus memanfaatkan identitas warga sebagai konsumen untuk kredit kendaraan sepeda motor"kata AKBP Syamsu Ridwan.

Berawal tersangka bekerjasama dengan cara membuat permohonan pengajuan pembelian motor fiktif kepada perusahaan PT MAF Finance dan mencari warga yang bersedia untuk dipergunakan KTP (Kartu Tanda Penduduk) setelah KTP sudah berhasil didapatkan dan di scane dengan mengubah alamat pemilik KTP dan selanjutnya di masukkan ke berkas pemohon untuk selanjutnya di ajukan ke perusahaan, setelah motor keluar dengan berdasarkan berkas pemohon hasil scane tersebut.

Adapun tempat ditemukan barang bukti tersebut dari beberapa Desa di Kecamatan Kindang diantaranya Desa Balibo, Garuntungan, Orongading, Kahayya, Borong Rapoa dan Benteng Palioi.

"Untuk saat ini barang bukti yang berhasil diamankan sebanyak 35 unit kendaraan yang terdiri dari beberapa jenis motor yaitu Yamaha Mio m3 cw 125, Yamaha Fino sporty dan yamaha Fino premium.

 Keberhasilan ini berkat kerjasama antara aparat kepolisisan beserta pemerintah setempat” tutup Kapolres Bulukumba.

Penulis : Fitriani Lestari

Editor : Fritz Wongkar