Puskesmas Galesong Utara Di Sulap jadi Rumah Sakit Tipe D

Puskesmas Galesong Utara Di Sulap jadi Rumah Sakit Tipe D
Bupati Takalar, Syamsari Kitta meninjau Puskesmas Galesong Utara untuk dijadikan RS Type D.

KabarMakassar.com -- Meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, pemerintah kabupaten Takalar membuat Puskesmas Galesong Utara menjadi Rumah Sakit (RS) bertipe D , dalam waktu dekat ini. Dimana warga galesong tak perlu lagi jauh-jauh jika ingin berobat. 

Puskesmas Bontolebang yang terletak di Kecamatan Galesong Utara yang saat ini sebagai puskesmas pembantu biasa tengah disulap oleh Pemerintah kabupaten Takalar menjadi rumah sakit bertipe D. 

Rumah sakit bertipe D ini merupakan rumah sakit dengan level setingkat lebih dibawah dari RSUD Padjonga Dg Ngalle yang dibangun untuk mendekatkan pelayanan terhadap masyarakat. 

"Warga Galesong tidak perlu repot-repot datang ke Padjonga Dg Ngalle untuk berobat, Puskesmas Galesong Utara juga kita buat fasilitasnya dibawah sedikit dari di RSUD Padjonga Dg Ngalle jadi kalau mau dirawat bisa di Galesong Utara saja. Tidak usah dirujuk ke Takalar, ini sekarang dalam masa pembangunan," Jelas Bupati Takalar H. Syamsari Kitta.

Puskesmas Galesong Utara yang dalam tahap pembangunan beberapa ruangan, diupayakan mampu menampung hingga 50 pasien rawat inap dari tiga kecamatan yakni Galesong Utara, Galesong, dan Galesong Selatan. 

Saat ini Puskesmas Galesong Utara memiliki 3 ruang perawatan, 1 ruang persalinan uang mampu memuat 6 orang pasien, dan ruang pemeriksaan yang diampuh oleh dua orang dokter umum dan satu orang dokter gigi, dengan jumlah perawat 13 orang. 

"Dokternya nanti ditambah dokter spesialis, ada  bagian interna, bagian bedah ada juga nanti bagian anak,"tambah Syamsari, Selasa (8/1).

Selain menjadikan Puskesmas Galesong Utara sebagai rumah sakit bertipe D, Pemerintah kabupaten Takalar juga saat ini sedang dalam tahap pembebasan lahan untuk pembangunan rumah sakit bertaraf internasional yang rencananya akan dibangun di Desa Aeng Batu-Batu, Kecamatan Galesong Utara.
 

Penulis : Saleh Sibali

Editor : Fritz Wongkar