Dispar Makassar Siapkan Rp30 M untuk 6 Destinasi Wisata

Dispar Makassar Siapkan Rp30 M untuk 6 Destinasi Wisata
Pulau Samalona (Ilt).

KabarMakassar.com -- Mengembangkan enam destinasi wisata di Kota Makassar, Dinas Pariwisata Makassar gunakan Anggaran APBD sekira Rp30 Milyar. Hal tersebut dikatakan oleh pelaksan tugas (Plt) Dinas Pariwisata KotaMakassar, Kamelia Tamrin Tanta. 

Ia mengatakan jika tahun ini 2019 banyak Kelender yang akan dilakukan. Salah satunya pengembangan Enam Destinasi Makassar yakni Pulau Lakkang, Bonto Rannu, Kampung Paropo, Kampung Rama, Pulau samalona, dan Pulau Lae-lae.

"Ini untuk meningkatkan jumlah Wisata Mancanegara dan Nusantara di Kota Makassar,"kata Kamelia, Jumat (4/1).

Ia mengatakan nanti di Pulau Lakkang akan akan dilakukan  pembuatan Landmark dan ampi teater, Destinasi Bonto Rannu akan dibuat sungai warna warni, Kampung Paropo akan dibuat panggung dan tempat pertunjukan, Kampung Rama akan dibuat rumah tongkonan dan galeri sehingga wisman dan wisnu bisa wisata kesana tanpa harus jauh-jauh ke Toraja.

"Dan Target  Dispar Makassar tahun ini untuk Wisman sekitar 112 ribu, dan Wisnu sekitar 7,8 ribu Wisnu,"bebernya.

Ia menjelaskan, bahwa Anggaran APBD tersebut tidak semua digunakan untuk pengembangan Destinasi Makassar, melainkan digunakan untuk gaji pengawai, Promosi, pekembangan pelaku ekonomi kreatif.

Adapun penjelasan dari terhadap  destinasi Kota Makassar yang akan dilakukan pengembangan diantaranya;

1. Pulau Lakkang merupakan Sebuah pulau kecil yang terdapat di tengah Kota Makassar, tepatnya di Kecamatan Tallo. Selain itu Pulau Lakkang merupaka sejarah penjajahan Belanda. 

Pulau Lakkang memiliki luas sekitar 300 hektar ini diapit oleh tiga sungai, yakni Sungai Tallo, Sungai Pampang, dan Sungai Universitas Hasanuddin (Unhas).

2. Kampung Paropo yang di Kelurahan Paropo Kecamatan Panakukang, Makassar, Sulawesi Selatan merupakan kampung tua yang dikenal sebagai kampung budaya dan Kesenian Kota Makassar.

3. Kampung Rama yang terletak di Jalan Dirgantara merupakan kampung mayoritas suku Toraja.

4. Pulau Samalona merupakan destinasi wisata yang berada dekat Pantai Akkarena, dan Pantai Losari, yang memiliki pasir hitam. 

5. Pulau Lae-Lae adalah salah satu pulau kecil yang termasuk dalam kawasan wisata pulau di Kota Makassar. Lokasinya berjarak sekitar 1,5 Km sebelah barat Kota Makassar.

Pulau ini terkenal memiliki pemandangan matahari terbenam yang menawan. Sangat cocok untuk di jadikan tempat berlibur dan bersantai. Suasananya yang sangat cocok digunakan tempat melarikan diri dari hiruk pikuk kota.

Penulis :

Editor : Fritz Wongkar