Dinas Perdagangan Pangkep Sidak Label Harga Di Pasar

Dinas Perdagangan Pangkep Sidak Label Harga Di Pasar
Dinas perdagangan (Disdag) Kabupaten Pangkep melakukan sidak (inspeksi mendadak) dan pengecekan lebel harga disejumlah pasar tradisional dan pasar moderen yang ada di Kabupaten Pangkep, Jumat (4/1).

KabarMakassar.com -- Mengawali tahun 2019, Dinas perdagangan (Disdag) Kabupaten Pangkep melakukan sidak (inspeksi mendadak) dan pengecekan lebel harga disejumlah pasar tradisional dan pasar moderen yang ada di Kabupaten Pangkep, Jumat (4/1).

Upaya sidak itu dilakukan guna melindungi konsumen dari makanan mau pun minuman yang kadaluarsa atau pun tidak layak konsumsi.

 Berdasarkan hasil sidak yang dilakukan sejak akhir tahun 2018 lalu hingga awal tahun ini, dengan menyisir semua pasar tradisional dan moderen, pihak Dinas Perdagangan  Pangkep pun tidak menemukan adanya makanan dan minuman yang tidak layak konsumsi.

Namun demikian, disampaikan Kasi Pengawasan peredaran barang dan jasa Dinas Perdagangan Pangkep, Purwastuty usai melakukan sidak, masih adanya di mini market yang belum mencantumkan tanggal packing pada kemasan buah siap saji dan masih terdapat penataan label harga yang tidak sesuai dengan produk.

"Temuan yang biasanya terjadi dan mengecoh konsumen yakni pada label harga promo produk tertentu yang lalai diambil atau dicabut pihak mini market. Ini yang kita peringati dan diberi bimbingan, jika itu sudah berulang kali diperingati maka dilakukan pemanggilan dan pembinaan pihak pengelola,"jelas Purwastuty.

Lanjut dikatakan, jelas jika terdapat demikian adanya penataan label yang tidak sesuai dengan produk, ini mengecoh konsumen, sehingga ketika melakukan pembayaran terdapat perbedaan harga di produk dan di kasir. Dan tentunya, akan terjadi komplain konsumen. 

"Nah ini yang kita hindari, dan dilakukan pembinaan terhadap pengelola, jangan sampai kelalaian tersebut berlarut larut,"ujarnya.

Purwastuty menambahkan, jika terdapat demikian, tindakan yang dapat dilakukan hanyalah pembinaan. Kecuali, jika terdapat adanya barang yang tidak layak konsumsi masih diperjual belikan, maka itu sanksi tegas akan diberikan. 

 

Penulis : Saharuddin

Editor : Fritz Wongkar