Apakah Mengupil Sehat ?

Kabar Kesehatan

Apakah Mengupil Sehat ?

KabarMakassar.com --- Kebiasaan mengupil kadang dianggap sebagai kebiasaan yang tidak sopan walau kebanyakan seseorang mengupil hanya ketika percaya bahwa tidak ada yang memperhatikan.

"Mungkin satu hal yang paling kita khawatirkan adalah trauma  digital. Istilah keren untuk pendarahan yang terjadi ketika anda mengupil," kata Dr. Brett Comer, seorang ahli bedah kepala dan leher sekaligus asisten profesor otolaringologi di University of Kentucky. 

Comer menjelaskan kulit di bagian dalam hidung lebih halus dan lebihh rentang terhadap kerusakan daripada kulit di luarnya. Ketika muncul luka pada bagian dalam hidung, akan sangat lambat untuk memperbaiki sel-selnya sendiri. 

Comer menambahkan sebuah goresan atau luka di dalam lubang hidung akan mengembangkan kerak atau keropeng yang menjengkelkan karena membutuhkan beberapa minggu untuk sembuh. 

"Anda merasakan kerak tersebut muncul di dalam hidung anda, dan Anda mengupil lagi yang membuka kembali luka dan membuat lebih banyak kerutan, dan Anda terus mengupil, hal ini seperti lingkaran setan" katanya.

Infeksi hidung akibat mengupil juga menjadi perhatian Dr. Vijay Ramakrishnan, seorang profesor otolaringologi di University of Colorado. 

Infeksi ini disebabkan bagian bawah kuku adalah tempat persemaian untuk bakteri, dan jika seseorang mengupil dengan kasar atau cukup sering dapat menyebabkan kuman yang tinggal di ujung jari atau kuku bisa masuk ke lokasi luka yang ada dalam hidung. 

Memasukkan jari di hidung juga bisa membuat Anda sakit. Kuman pada jari anda dapat menyebabkan flu yang masuk melalui lubang hidung Anda sebagai salah satu pintu yang memungkinkan mikroorganisme tersebut masuk ke bagian tubuh Anda. 

Dalam kasus ekstrim, mengupil bahkan bisa merusak septum hidung yang merupakan lapisan tipis tulang rawan yang memisahkan dua lubang hidung.

"Mengupil sepanjang waktu bisa menghilangkan lapisan mukosa dan tulang rawan septum, membuka lubang dan menyebabkan rasa sakit, mimisan dan gejala lainnya yang seringkali sulit untuk diperbaiki," jelas Ramakrishnan.

Jika rasa malu tidak cukup membuat anda berhenti untuk mengupil, maka masalah kesehatan ini adalah alasan yang lebih baik untuk menghentikan kebiasaan tidak sehat itu.

Apa cara terbaik untuk berhenti? Jika hidung Anda terasa kering dan sensasi ini membuat Anda ingin mengupil, Comer merekomendasikan untuk menyemprotkan bagian dalam cuping hidung Anda dengan semprotan garam dan menggunakan pelembab udara pada malam hari agar hidung tidak kering.

Jika permasalahan anda sudah mencapai tahap parah seperti penjelasan sebelumnya, ada lebih baiknya anda langsung mengungjungi dokter THT secepatnya. Walau sensasinya menyenangkan, tapi mengupil menyimpan banyak permasalahan kesehatan.

Penulis :

Editor :