Akbar Aries: Penyewa Ruko Latanete Harus Ikuti Aturan Baru

Akbar Aries: Penyewa Ruko Latanete Harus Ikuti Aturan Baru
Konsultan Hukum Perusda Sulsel, Akbar Aries SH MH

KabarMakassar.com -- Perusahaan Daerah (Perusda) Sulawesi Selatan  berencana melakukan adendum atau peninjauan ulang perjanjian sewa menyewa terhadap sejumlah unit Rumah Toko (Ruko) milik Perusda di Kompleks Latanete Plaza yang dinilai sewa/kontraknya dianggap terlalu rendah.

Ketua Tim Hukum sekaligus Konsultan Hukum Perusda Sulsel, Akbar Aries SH MH menegaskan, pihaknya telah melakukan investigasi dan pendataan sejumlah ruko di Latanete Plaza yang merupakan aset Perusda Sulsel yang dipersewakan oleh jajaran managemen lama nilainya sangat rendah dan tidak rasional dan jauh dibawah harga standar. 

Olehnya itu pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak pemeriksa dari pihak BPKP dan Inspektorat Sulsel serta penegak hukum lainnya untuk melakukan pemeriksaan apakah dalam perjanjian sewa penyewa tersebut ditemukan indikasi penyalahgunaan kewenangan dan terdapat kerugian negara,"Kami saat ini menunggu hasil pemeriksaan yang dilakukan BPKP dan Inspektorat dan jika ditemukan kerugian negara, maka akan diproses sesuai aturan dan hukum yang berlaku," tegas Akbar Aries.

Lebih jauh dijelaskan, pihak Perusda Sulsel telah meminta pemprov Sulsel dalam hal ini dari Dinas Perumahan dan Bangunan Pemerintah melakukan taksasi atas harga ruko di Latanete Plaza, dan hasilnya pun telah ada yang sangat jauh berbeda dengan harga sewa ruko saat ini jauh dibawah harga standar. Harga taksasi baru kita sudah tawarkan dan hasilnya, beberapa penyewa lama dan calon penyewa baru setuju  untuk menyew atau mengontrak ruko tersebut.

"Kami tidak ingin melakukan sebuah pembiaran atas sewa/kontrak yang terindikasi merugikan keuangan pemerintah atau negara. Olehnya itu kami akan melakukan peninjauan ulang atas sewa menyewa tersebut," tegas Akbar Aries.

Pihak Perusda tidak ingin kondisi ini berlarut larut pihaknya mengharapkan seluruh penyewa ruko Latanete Plaza mengikuti aturan dan kebijakan managemen baru Perusda Sulsel saat ini yang ingin membangun dan mengembangkan Perusda Sulsel secara profesional dan proporsional yang pada akhirnya dapat memberikan deviden dan konstribusi PAD bagi Pemprov Sulsel.

Penulis : Redaksi

Editor : Fritz Wongkar