OPINI: Sosok Bung Theo Dibalik Patung Yesus

Pasa Maraya

OPINI: Sosok Bung Theo Dibalik Patung Yesus
Pasa Maraya

KUNJUNGAN Presiden yang ke-7 Bapak Joko Widodo (Jokowi) di Toraja disambut antusias oleh segenap masyarakat Toraja tgl 23 Desember 2018. 

Dua agenda penting yang sempat dihadiri oleh orang nomor 1 di Indonesia ini saat berada di Tana Toraja yakni menghadiri perayaan Natal Oikumene yang dipusatkan di Plaza Kolam Makale. Salahsatu momen yang penting penandatanganan prasasti obyek wisata Buntu Burake. 

Mencoba merefresh dengan keberadaan wisata religi ini yaitu Patung Yesus Memberkati di Tana Toraja yang diklaim sebagai patung tertinggi didunia setelah sebelumnya patung Yesus memberkati di Rio de Jenerio adalah karya agung sosok seorang bung Theo (Theopilus Allorerung, Mantan Bupati Tana Toraja) pada masa kepemimpinannya sebagai bupati Tana Toraja saat itu 2010-2015.

Patung tersebut resmi diresmikan di masa-masa akhir periodenya yang bertepatan dengan HUT Kabupaten Tana Toraja tahun 2015. 

Mega proyek tersebut yang berada di puncak Buntu Burake sejak awal diharapkan akan semakin mendorong peningkatan pariwisata Tana Toraja agar semakin maju sehingga puncak Buntu Burake tersebut akan menjadi kawan objek wisata rohani.

Patung tersebut yang menelan anggaran dana kisaran 30 M, ditargetkan bisa mendong peningkatan para pengunjung tiap tahunnya.

Apa yang telah dipersembahkan buat tanah leluhur ini Tondok Lopongan bulan, Tondok dikamali' sia nakamali' tobuda hanyalah setitik kecil dari harapan banyak orang dan itu bukan hanya karya Theo saja namun buah dari Sinergitas dan partisipasi semua kalangan.

Kita tetap optimis dan berpengharapan bahwa setiap pemimpin pada eranya pasti ingin berbuat lebih dan terbaik yang spektakuler untuk dinikmati semua kalangan masyarakat bahkan wisatawan mancanegara sekalipun.

Dalam masa kepemimpinannya, ada beberapa karya spektakuler menjadi karya INOVASI dalam kepemimpinan beliau yaitu Patung Yesus Memberkati, Bandara Buntu Kunik dan Agrowisata Pango-pango.

Inilah karya spektakuler yang perna dihadirkan seorang Bung Theo sehingga semakin menekankan bahwa beliau adalah sosok pemimpin yang INOVASI dan menciptakan karya-karya yang baru dan spektakuler sehingga tetap jadi tokoh pembangunan wisata yang hingga saat ini tetap jadi sosok yang dirindukan bagi banyak masyarakat Toraja.
"Toraya Kagum dengan karyamu Bung, hati kami masih terus memanggil".

Oleh, Pasa Maraya.

Penulis :

Editor : Fritz Wongkar