Jokowi: Meoli Komi, Tolepi...!!

Jokowi: Meoli Komi, Tolepi...!!

KabarMakassar.com -- Presiden Joko Widodo saat melakukan kunjungannya di Tana Toraja mengucapkan bahasa Toraja. Ia mengucapkan kata "Meongli Komi, Tolepi" saat akhir sambutannya dihadapan ribuan warga Toraja yang memadati Plaza Kolam Makale.

Meoli artinya teriak, Meoli ko mi artinya ayo (kalian) teriak. Ucapan tersebut diserukan oleh Jokowi dan dibalas dengan teriakan masyarakat Aihihiii..

Ucapan khas tersebut sangat halus disampaikan Jokowi dan nampak senang mengucapkan berkali-kali. "Meoli Komi..Tolepi"sebut Jokowi.

Untuk diketahui jika teriakan khas orang Toraja tersebut juga akan terdengar apabila ada sekumpulan orang yang sedang beraktifitas, seperti gotong royong membangun rumah warga, memperbaiki jalan, membuat pematang, membajak sawah dan panen padi. 

Teriakan tersebut juga akan terdengar saat penyelenggaraan pesta adat baik saat persiapan maupun di sela sela upacara berlangsung.

Hal tersebut menarik karena ucapan Joko Widodo dibalas oleh ribuan warga yang menyambut antusias sapaan orang nomor 1 tersebut.


 

Penulis :

Editor :