Menuju Pariwisata Internasional, Pemkab Bulukumba MoU dengan Pemprov Sulsel

Fitriani Lestari

Menuju Pariwisata Internasional, Pemkab Bulukumba MoU dengan Pemprov Sulsel

KabarMakassar.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba bersama Pemerintah Provinsi Sulsel menandatangani perjanjian kerjasama Pariwisata Bulukumba Go Internasional, di Hotel Claro,  Selasa (4/12). 

Kerjasama ini meliputi pembangunan atau perbaikan akses jalan menuju dan sekitar wilayah pariwisata bagi jalur darat dan percepatan pembangunan bandar udara. Begitu pula kerjasama tersebut meliputi peningkatan keragaman dan atraksi yang meliputi destinasi wisata yang terintegrasi dan penampilan seni budaya yang berkualitas.

Selain itu juga akan didorong untuk peningkatan kualitas SDM pariwisata, peningkatan sarana dan prasarana yang mendukung program wisata yang terintegrasi, sentral informasi, fasilitas akomodasi dan transportasi, serta fasilitas umum. Termasuk tidak kalah pentingnya melaksanakan promosi wisata yang terpadu antara pemerintah pusat dan daerah.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bulukumba, Andi Bau Amal selaku Koordinator Pengembangan Pariwisata Terintegrasi di daerah yang mewakili Pemda dalam penandatanganan kerjasama yang terintegrasi ini, meyakini jika Pemda mampu berakselerasi dengan baik, maka para wisatawan yang masuk ke Sulawesi Selatan akan menjadikan Bulukumba tujuan prioritas.

"Itu karena Bulukumba memiliki segalanya, Bulukumba punya pantai yang indah, pegunungan yang indah dan sejuk," ungkapnya.

Sementara itu Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali yang menyaksikan langsung penandatanganan MoU ini, mengapresiasi langkah yang dilakukan tersebut sebagai upaya maju menuju pariwisata internasional. 

"Saya yakin dengan potensi destinasi wisata yang dimiliki Bulukumba saat ini, akan menjadi daerah tujuan wisata terdepan di wilayah Sulawesi Selatan pada khususnya dan Indonesia pada umumnya," imbuhnya. 

Menurutnya Bulukumba memiliki destinasi wisata yang begitu kompleks dan dapat terintegrasi antara wisata yang satu dengan lainnya. 

Bulukumba, lanjutnya punya wisata alam dan bahari, punya Pantai Bira, Apparalang, Bara dan masih banyak pantai lainnya yang bisa dikembangkan. Bulukumba punya destinasi. Bulukumba juga punya destinasi wisata budaya di Tana Toa Kajang.

"Saat ini juga, banyak potensi wisata buatan yang sementara dikembangkan oleh para kepala desa dalam rangka menggenjot PAD desanya, sehingga Pemerintah Kabupaten dapat melihat dan memberikan support kepada desa tersebut untuk menjadi daerah wisata yang terintegrasi," ungkap AM Sukri Sappewali.

Penulis :

Editor :