Ini Dilakukan Dinsos Bulukumba Terhadap Warga Miskin

Fitriani Lestari

Ini Dilakukan Dinsos Bulukumba Terhadap Warga Miskin

KabarMakassar.com - Penanganan warga miskin menjadi perhatian khusus bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba. Salah satunya, dengan memberikan bantuan melalui sistem Layanan Pangaduan Unit Reaksi Cepat (URC) dari Dinas Sosial (Dinsos). 

"URC merupakan sistem terpadu untuk menjadi media pengaduan masyarakat agar pelayanan dan perlindungan sosial bisa dengan cepat dilakukan untuk menyerahkan bantuan kepada yang membutuhkan," kata Kasi Penanganan Fakir Miskin Pedesaan dan Perkotaan Dinas Sosial (Dinsos) Bulukumba, Siti Isniyah, Selasa (27/11). 

Siti Isniyah mengaku, jika saat masih banyak warga yang masuk dalam golongan fakir miskin dan belum mendapatkan program perlindungan sosial dikarenakan Basis Data Terpadu (BDT) yang dijadikan sumber data utama dalam penanganan fakir miskin belum terupdate sejak tahun 2015 yang lalu.

“Masih banyak masalah sosial yang muncul dipermukaan dan itu tidak terselesaikan dengan baik dan sistematis. Maka dari itu URC hadir untuk menjadikan sistem layanan untuk memberikan layanan kepada masyarakat secara cepat,"ujarnya. 

Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto (TSY) meyakini jika inovasi yang dilahirkan Dinsos Bulukumba untuk penanganan permasalahan fakir miskin bisa direalisasikan dengan baik. Dirinya pun berharap agar URC bisa bekerja secara maksimal dilapangan nantinya.

"Pemerintah harus hadir ditengah masyarakat saat bencana sosial menimpa mereka. Pemerintah harus hadir untuk memberikan layanan dan memberikan penangan dengan cepat melalui URC yang telah resmi diluncurkan," ucapnya.

Tomi menambahkan bahwa masyarakat saat ini tidak lagi harus kebingungan untuk mencari tempat mengadu jika ditimpa musibah. Kehadiran URC sangat diharapkan mampu melaksanakan tugas secara maksimal untuk mengemban amanah dalam mewujudkan Kabupaten Bulukumba yang sejahtera.

"Sekarang cukup dengan menelepon Pemkab Bulukumba melalui URC, maka URC akan hadir untuk memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan. Fakir miskin juga punya hak dan pemerintah punya tugas untuk melaksanakan itu,” pungkas Ketua NasDem Bulukumba ini.

Penulis :

Editor :