Tak Masuk Anggaran 2019, Pembangunan Masjid 99 Kubah Terhenti

Tak Masuk Anggaran 2019, Pembangunan Masjid 99 Kubah Terhenti

KabarMakassar.com -- Proyek pembangunan masjid 99 kubah yang berdiri diatas Kawasan Centre Point of Indonesia (CPI) bakal dihentikan poengejaannya. Pasalnya anggaran untuk pembangunan masjid tersebut tidak dilanjut dalam APBD Sulsel 2019. 

Kepala Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang Pemprov Sulsel, Andi Darmawan Bintang mengatakan jika anggaran pembangunan masjid 99 kubah yang sudah berdiri tersebut sudah tidak masuk dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA). 

"Sudah tidak ada dalam RKA, tapi kita punya perencanaan ada asrama, aula dan sejumlah fasilitas pendukung. Tahun depan juga masih dibutuhkan penyelesaian area parkir, menara pelataran dan masih kurang 17 buah kubah untuk finisihing bangunan"ujar Andi Darmawan Bintang, Rabu (28/11).

Meski tak masuk RKA, Andi Darmawan menambahkan jika pihaknya tetap mengusulkan anggaran tersebut di DPRD Provinsi agar masuk dalam alokasi anggarannya nanti.

Terpisah dengan Kepala Bappeda Sulsel, Jufri Rahman yang mengatakan jika pembangunan Masjid 99 Kubah tersebut masih dalam tahap pemeriksaan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). "Belum bisa dianggarkan karena masih dalam pemeriksaan BPKP, untuk itu anggaran tahun 2019 belum bisa"ungkap Jufri Rahman.

Untuk diketahui jika bangunan masjid tersebut didesain atau dirancang oleh Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat. Saat itu dirinya masih menjabat sebagai Walikota Bandung dan diminta oleh Syahrul Yasin Limpo mantan Gubernur Sulsel untuk merancang masjid yang berdiri diatas kawasan reklamasi CPI.

Pembangunan masjid 99 kubah tersebut memiliki luas 72 X 45 meter itu diperkirakan bakal menelan biaya Rp 170 miliar dari APBD. Masjid tersebut nantinya dapat menampung 13.075 jamaah.

Penulis :

Editor :