Acara Mappalili, Musim Tanam Akhir Tahun di Pangkep

Sahabuddin

Acara Mappalili, Musim Tanam Akhir Tahun di Pangkep

KabarMakassar.com - Dinas Pertanian (Distar) menggelar musyawarah tani atau Mappalili (bahasa lokal),di Pangkep,  Rabu (21/11). Dalam acara, dibicarakan tentang jadwal tandam hingga persediaan pupuk. 

Bupati Pangkep,Syamsuddin Hamid menyampaikan, jika Mappalili sangat berguna sebagai wadah untuk musyawarah bagi petani dan instansi terkait hingga para pakar. 

Ia berpesan kepada petani untuk terus menggunakan peralatan yang diberikan berupa tracktor. Jangan hanya digunakan oleh ketua kelompok tapi harus diserahkan pada semua anggota tani.

Sehingga anggota kelompok tani lainnya tidak kesulitan lagi dalam bercocok tanam. Dijadwalkan untuk.musim tanam pada tahun 2018 ini akan dilaksanakan pada akhir tahun atau bulan Desember hingga Januari. 

Kadis Pertanian Pangkep, Sriwati M.Hum mengatakan, curah hujan sudah merata dan pertumbuhan benih petani sudah dapat ditanam di areal persawahan. Pihaknya, kata dia, kini juga tengah mengupayakan stok pupuk bagi petani agar tidak mengalamin kelangkaan seperti daerah lainnya jika musim tanam. 

“Sebanyak 16 ribu ha sawah siap untuk ditanami berbagai varietas padi dengan taksiran produksi mencapai 141 ribu ton gabah’l katanya.

Dalam kesempatan ini juga pihak Badan Ketahanan Pangan Sulsel, menyatakan potensi Pangkep sangat cocok untuk budidaya bawang merah dan bawang putih. Rencananya, Pangkep akan dijadikan sentra bawang merah dan bawang putih.

"Ini sementara kami akan kembangkan di beberapa tempat terutama kecamatan Balocci dan Tondong Tallasa," kata Sri. 

Penulis :

Editor :