Peringati HKN 54, Bupati Launching GEN 3

Fitriani Lestari

Peringati HKN 54, Bupati Launching GEN 3

KabarMakassar.com - Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 dilaksanakan di Lapangan Pemuda, pada Senin (12/11/2018). Ratusan peserta hadir mengikuti upacara dari jajaran Dinas Kesehatan, para petugas kesehatan puskesmas dan rumah sakit, dan para mahasiswa keperawatan dan kebidanan. 

Pada peringatan HKN ini, berbagai penghargaan diberikan, diantaranya penyerahan cinderamata kepada para Purna Bakti Dinas Kesehatan, penghargaan kepada Tenaga Teladan Kesehatan, penghargaan Puskesmas Berprestasi, penghargaan kepada Pemenang Lomba Air Minum Isi Ulang, Lomba Duta Lingkungan Sekolah, Lomba Rumah Sehat, Lomba Poskesdes, Lomba Posyandu, serta lomba Desain Poster Generasi Cerdas Bijak Gunakan Antibiotik. Khusus pemenang Tenaga Kesehatan kategori Gizi yang diraih oleh tenaga gizi Puskesmas Caile,  Layla Suyuti telah mewakili Provinsi Sulawesi Selatan di tingkat nasional.

Selaku inspektur upacara, Bupati AM Sukri Sappewali membacakan sambutan Menteri Kesehatan Prof dr. Nila Farid Moeloek. Dalam sambutannya Menteri Kesehatan mengklaim bahwa dalam meningkatkan mutu layanan kesehatan Pemerintah pada tahun 2017 telah meningkatkan sarana dan prasarana pada fasilitas tingkat pertama sebanyak 375 rehabilitasi Puskesmas

Kemudian, 35 pembangunan Gedung, 750 pembangunan baru Puskesmas, 34 Unit Puskesmas keliling perairan, 537 Unit Puskesmas keliling roda empat, Penyediaan 1.650 Unit ambulans roda dua, 86 Unit ambulans roda empat, dan 2.525 peningkatan sarana dan prasarana Puskesmas, serta 10.437 penyediaan alat kesehatan di Puskesmas.

“Saat ini untuk fasilitas kesehatan tingkat rujukan telah terdapat 104 rumah sakit rujukan regional, 20 rumah sakit rujukan propinsi, 4 rumah sakit rujukan Nasional, dan 408 RSUD lainnya,” kata AM Sukri Sappewali membacakan sambutan Menteri Kesehatan.

Pada momentum tersebut, Bupati Bulukumba A.M Sukri Sappewali juga melakukan Launching Gerakan Tahu Gunakan Antibiotik (GEN 3) yang ditandai dengan pelepasan balon ke udara.

Panitia pelaksana juga mengumumkan dan memberikan hadiah kepada para pemenang lomba seni dan olahraga dalam rangka peringatan HKN, serta doorprize jalan sehat yang telah dilakukan sebelumnya di kawasan wisata pantai Tanjung Bira.    

Penulis :

Editor :