Perusda
Bank SUlsel Bar

Kunjungan Peserta IMF-WB ke Toraja Belum Jelas

Lipsus Ryan Panguriseng

1 week, 3 days ago Oleh Redaksi
Kunjungan Peserta IMF-WB ke Toraja Belum Jelas
istimewa

KabarMakassar.com -- Agenda kunjungan peserta rapat tahunan  International Monetary Fund (IMF) dan World Bank di Bali yang dijadwalkan akan mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Indonesia termasuk Toraja masih belum jelas.

Hal ini seperti di keluhkan Koordinator ASITA Wilayah Timur Didi Manaba saat dikonfirmasi KabarMakassar.com mengaku belum ada satu pun peserta Rapat Tahunan IMF yang melakukan reservasi atau konfirmasi kunjungan ke Toraja.

"Ini sangat disayangkan, bukan hanya toraja. Tetapi daerah lain juga demikian masih sangat minim. Bahkan bisa dibilang satu orang pun belum melakukan reservasi. Kepadatan jadwal meeting disana membuat peserta capek," keluh Didi Manaba 

Pejabat Sementara Kepala Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulsel ini pun mengaku kecewa karena pihaknya telah mempersiapkan travel agent yang tergabung dalam member ASITA Sulsel sejak sebulan lalu. "Belum ada konfirmasi dari pihak penyelenggara terkait kunjungan itu," ujarnya

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Toraja Utara, Harly Patrianto mengatakan, kepastian akan kehadiran para peserta IMF-World Bank tersebut belum mendapatkan kabar jelas akan tanggal kedatangannya. 

"Kita masih menunggu infonya ini dari ASITA. Kami disini (Toraja Utara) sudah jauh hari sudah siap kedatangan tamu dari peserta IMF, untuk itu obyek wisata kami siapkan untuk dikunjungi"kata Harly Patriatno.

Harly mengatakan, pada hari Sabtu 13 Oktober nanti bakal dirapatkan akan kehadiran para tamu peserta IMF- Bank dunia tersebut ke Toraja. Sementara atraksi budaya memang sejak jauh hari telah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Toraja Utara.

"Tarian sudah disiapkan, memang ada acara Rambu solok tetapi kita lihat jadwalnya dulu. Sementara obyek wisata ada beberapa kami sudah siapkan untuk dikunjungi para tamu nantinya"ujar Kadis Pariwisata Toraja Utara.

Berikut obyek wisata yang disiapkan oleh Dinas Pariwisata Toraja Utara, Lolai negeri diatas awan, Kete Kesu', Londa, Bori Kalimbuang, rumah adat tertua Palawa', dan tempat penenun to Barana'. Tidak hanya itu beberapa panorama alam juga disiapkan seperti di bukit Batutumonga.

Untuk diketahui jika saat para peserta IMF- World Bank sudah mulai menggelar pertemuan sejak tanggal 8 Oktober, Meeting 10-13 Oktober 2018. Sementara pembukaan hari ini sudah mulai digelar di Bali Nusa Dua Convention Centre (BNDCC), Bali, Seni.

Dikabarkan pula jika pendiri perusahaan teknologi Alibaba Jack Ma dan miliarder Bill Gates hadir dalam pertemuan tersebut di Bali. Tidak hanya Jack Ma tokoh-tokoh yang juga bakal hadir dalam pertemuan tersebut yakni Ketua pendamping, Bill & Melida Gates Foundation, Melinda Gates. Gubernur The Fed, Jerome Powell.

Diketahui pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF)-World Bank 2018, saat ini masih berlangsung di Denpasar Bali. Para peserta yang berjumlah 13 Ribu orang dari berbagai negara itu dikabarkan sebagian akan berkunjung ke Toraja pada 14 Oktober 2018 mendatang. (*)