Perusda
Bank SUlsel Bar

Gubernur NA Tawari Konsulat Amerika RS Terapung

Laporan Rahmi Dinia

1 week, 4 days ago Oleh Redaksi
Gubernur NA Tawari Konsulat Amerika RS Terapung
Foto: Humas Pemprov Sulsel

KabarMakassar.com -- Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menerima tamu dari Amerika perwakilan dari Konsulat Amerika Serikat di kantor Gubernur Sulsel Jalan Urip Sumoharjo, Kamis, 11 Oktober 2018 hari ini.

Gubernur NA mengatakan kedatangan Konsulat Amerika ini, selain untuk menjalin silaturahmi, NA juga membahas tentang kerjasama Indonesia dan Amerika dalam menangani kesehatan ibu dan bayi.

Indonesia dan Amerika sendiri telah menjalin kerjasama selama 20 tahun dalam masalah kesehatan ibu dan bayi.

Berkaitan dengan hal itu, wacana Rumah Sakit Terapung (RST) untuk melayani di daerah kepulauan salah satunya di kabupaten Pangkep untuk mewujudkan sila ke 5 dalam Pancasila.

"Jadikan Pangkep itu Pangkajene dan Kepulauan. Kalau kita kaitkan dengan sila kelima maka ambulance itu dibutuhkan. Sesuai dengan sila 5 pancasila. Jadi supaya adil, orang pulau juga menikmati layanan kesehatan dengan hadirnya rumah sakit terapung," terang Gubernur yang akrab disapa Prof NA ini.

Selain Pemprov Sulsel bekerja sama United States Agency for International Development (USAID)  untuk mengatasi jumlah kematian ibu dan bayi baru lahir. USAID memberi fasilitas berupa program USAID Jalin.

USAID Jalin sendiri adalah program kesehatan ibu dan bayi baru lahir senilai 55 juta dollar dari USAID untuk mengatasi faktor-faktor penyebab rendahnya kualitas kesehatan ibu dan bayi baru lahir yang kompleks dan saling berkaitan. juga memiliki program USAID Jalin.

Bukan hanya USAID, UNICEF juga termasuk dalam penanganan masalah kesehatan di Indonesia. (*)