Ini Cara Mencari Teman Baik Saat Dewasa

Kabar Inspirasi

Ini Cara Mencari Teman Baik Saat Dewasa

KabarMakassar.com --- Setiap orang pernah mengorbankan sesuatu untuk pencapaian besar dalam hidup, terutama ketika anda sudah dewasa.

Kehidupan orang dewasa seperti pekerjaan, pernikahan, dan sebagainya selalu memiliki pengorbanan seperti hubungan persahabatan.

Teman baik atau sahabat tidak memiliki kontrak yang mengikat seperti dalam pernikahan ataupun  ikatan darah seperti dalam keluarga. 

Dilansir dari Time.com, Manusia yang telah memasuki kehidupan orang dewasa masih memerlukan hubungan sosial yang erat seperti persahabatan.

"Kita memilih teman dan teman-teman kita memilih kita," kata William K. Rawlins, Profesor Ilmu Komunikasi di Universitas Ohio. 

Namun kehidupan modern bisa menjadi begitu menyibukkan sehingga orang lupa untuk tetap saling memilih dalam persahabatan dan saat itulah persahabatan memudar yang mengakibatkan munculnya rasa kesepian.

Menurut Julianne Holt-Lunstad, Profesor Psikologi dan Neuroscience di Universitas Brigham Young sekalihgus penulis studi terbaru yang menghubungkan kesepian dengan kematian menujukkan merasa kesepian dapat meningkatkan risiko kematian seseorang sebesar 26%

"Berdampak lebih buruk bagi tubuh dibandingkan dengan obesitas dan polusi udara," ungkapnya.

Rasa kesepian menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan dalam banyak hal, terutama karena dapat menghilangkan dukungan sosial bagi orang dewasa dalam melewati permasalahan-permasalahan hidup. 

"Ketika kita memandang dunia kita dengan banyak permasalahan akibat merasa kesepian, hal itu dapat dikaitkan dengan peningkatan denyut jantung dan tekanan darah," kata Julianne Holt-Lunstad. 

Jelasnya, Seiring waktu efek ini dapat menyebabkan hipertensi, yang meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Obatnya? sederhana yaitu persahabatan. 

Hubungan sosial dalam persahabatan membantu melindungi otak dan tubuh dari stres, kecemasan dan depresi. 

"Berada di sekitar orang lain yang dipercaya dan dapat memberi sinyal keamanan dan keselamatan memiliki manfaat dikemudian hari," kata Holt-Lunstad. 

Walau terdengar mudah, menjaga persahabatan sebagai orang dewasa sebenarnya cukup sulit. 

Penelitian menunjukkan bahwa ketika anda dewasa, anda hanya membutuhkan antara empat dan lima teman dekat. 

Rawlins menjelaskan orang ingin memiliki teman dekat untuk menjadi seseorang yang bisa mereka ajak bicara.

"Seseorang yang bisa diajak bicara, seseorang yang bisa diandalkan dan seseorang yang dapat menemani menikmati waktu," tambahnya.

Lalu bagaimana cara untuk membuat pertemanan atau mempertahankannya jika anda telah memiliki hubungan persahabatan sebelumnya.

Pikirkan kembali bagaimana Anda bertemu dengan beberapa teman favorit Anda. Apakah anda bertemu sebagai relawan dalam kampanye politik atau bertemu dalam klub musik sekolah? 

"Persahabatan selalu tentang sesuatu," ungkap Rawlins. 

Kesukaan akan sesuatu yang sama membantu ikatan orang pada tingkatan pribadi dan menjembatani orang-orang dari berbagai usia dan pengalaman hidup.

Apa pun yang Anda hadapi, biarkan semangat Anda membimbing anda menuju orang-orang favorit anda. 

Misalnya menjadi relawan kemanusiaan atau bergabung dengan sebuah komunitas favorit anda. 

Jika anda menyukai yoga maka mulailah pergi ke kelas yoga secara teratur. Menggunakan aplikasi media sosial seperti Facebook untuk menemukan klub buku lokal juga juga dapat menjadi metode anda dalam menemukan orang yang memiliki kesukaan yang sama dengan anda.

Begitu Anda bertemu calon teman masa depan, maka hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengundang mereka untuk melakukan sesuatu seperti mengajaknya makan ataupun menonton film favorit anda. 

"Anda harus bisa menempatkan diri anda diluar sana," kata Janice McCabe, profesor sosiologi di Dartmouth College dan seorang peneliti pertemanan. 

Menjalin komunikasi dan mengenal satu sama lain merupakan tahap selanjutnya sekaligus menentukan apakah anda dapat bersahabat atau tidak.

Walau memakan waktu dan tidak selalu memiliki hasil yang anda inginkan, namun memiliki sahabat akan membantu anda melewati kehidupan dewasa yang penuh dengan deadline yang membuat stres.

Jika anda telah memiliki sahabat, pastikan anda menjadwalkan panggilan telepon mingguan. 

"Walau terkesan lucu karena kita sering berpikir menjadi dewasa berarti tidak memiliki waktu luang, namun sebenarnya lebih mudah meluangkan waktu untuk menelepon ketika kita dewasa," " kata McCabe.

Tidak ada kata terlambat untuk mulai menjadi teman yang lebih baik. Persahabatan baru maupun lama akan sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kebahagiaan Anda.

Penulis :

Editor :