Kabar Makassar

Ini Makanan dan Minuman Yang Anda Butuhkan Saat Flu

Kabar Kesehatan

  • Rubrik : Gaya Hidup
  • Penulis : Muhammad Fajar Nur
  • Terbit : 1 pekan, 4 hari lalu
Ini Makanan dan Minuman Yang Anda Butuhkan Saat Flu
Ilustrasi.(Ist)

KabarMakassar.com --- Perubahan cuaca yang tidak menentu diikuti dengan kegiatan yang menguras energi dapat melemahkan daya tahan tubuh anda.

Salah satu penyakit yang paling sering menghampiri anda dalam kondisi seperti ini adalah flu.

Ketika terkena flu, pengobatan yang sebenarnya anda butuhkan adalah beristirahat. Walau tidak ada makanan atau minnuman yang secara ajaib dapat menyembuhkan flu anda, namun terdapat beberapa makanan dan minuman yang membantu pemulihan anda dari Flu.

Berikut beberapa makanan dan minuman yang dilansir dari Time.com untuk dikonsumsi saat anda flu:

1. Minuman Elektrolit

Ahli gizi di kota Denver, Colorado, Jessica Crandall mengatakan menjaga tubuh tetap terhidrasi merupakan hal penting ketika terkena flu.

"Terutama jika anda demam dan berkeringat atau mengalami masalah dalam mengkonsumsi makanan," ungkapnya.

Minum air putih adalah solusi paling sederhana namun menambahkan minuman elektrolit atau air kelapa dapat membantu anda menambahkan sodium dan potassium serta cairan yang dibutuhkan tubuh ketika flu.

2. Teh Hijau

Minuman lain untuk tetap terhidrasi adalah dengan menghirup teh hangat. Rena Zelig, asisten profesor ilmu gizi di Rutgers University mengatakan flu biasanya melibatkan gejala pernapasan bagian atas, dan minum cairan hangat atau panas dapat membantu membuka saluran udara.

Zelig merekomendasikan teh hijau yang mengandung lebih tinggi antioksidan dibanding teh biasa.

Menambahkan sedikit madu pada teh anda juga bisa membantu menenangkan sakit tenggorokan serta meredakan batuk.

3. Sup Ayam

Sup ayam telah dikenal sebagai makanan pembantu pemulihan demam dan flu. Kaldu asinnya dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mengganti sodium yang hilang

Zelig menambahkan sayuran yang tersedia dalam sup juga membantu pemenuhan vitamin dan mineral.

"Ayam juga menyediakan protein yang penting untuk penyembuhan dan untuk mendapatkan kekuatan setelah anda sakit," katanya.

Beberapa ilmuwan bahkan menyarankan bahwa sifat aromatik sup ayam dapat melonggarkan  saluran hidung agar terbebas dari lendir.

Penelitian lain menemukan bahwa sup ayam membantu sel-sel darah putih yang melawan infeksi bekerja lebih efisien.

4. Kacang atau kacang polong

Mendapatkan protein dalam bentuk alternatif seperti minuman protein atau sumber makanan lain bisa menjadi pilihan yang lebih baik ketika anda terkena flu.

Makanan protein berbasis tanaman seperti kacang-kacangan dapat menjadi referensi yang anda butuhkan untuk mengembalikan kesehatan anda.

5. Buah dan sayuran berwarna cerah

Ketika Flu, penting untuk mengkonsumsi berbagai antioksidan.

Zelig menambahkan antioksidan memiliki peran dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sedangkan Crandall merekomendasikan untuk memilih buah dan sayur dengan warna-warna yang terang dan berani seperti paprika, jeruk, dan buah beri. 

6. Jus Jeruk

Jus jeruk adalah sumber vitamin C yang baik. Beberapa penelitian menyarankan dapat membantu mengurangi durasi pilek dan flu.

Namun perlu diingat, tubuh anda tidak membutuhkan begitu banyak vitamin C sekaligus

"Jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak vitamin C dapat menyebabkan masalah gastrointestinal," kata Crandall.

Alih-alih menenggak jus jeruk dalam jumlah besar, dia menyarankan untuk mencampur 4 ons jus jeruk dengan 16 sampai 20 ons air. 

Anda akan tetap terhidrasi dan masih mendapatkan 100% vitamin C harian Anda yang direkomendasikan tanpa mengkonsumsi gula dan kalori berlebihan.

7. Daging sapi

Nutrisi lain yang Anda perlukan saat anda sakit adalah zinc/seng.

"Mendapatkan nutrisi zinc/seng dari sumber makanan juga bisa membantu meskipun masih kurang penelitian dalam bidang ini," kata Crandall.

Tiga ons daging sapi yang direbus mengandung sekitar 7 mg zinc/seng yang merupakan setengah dari nilai harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa. 

Daging juga kaya akan protein dan vitamin B yang dapat membantu anda pulih sepenuhnya dari flu. 

Sumber zinc lainnya yang baik juga dapat ditemukan pada tiram dan udang.

8. Jahe

Makanan atau minuman yang dibuat dengan jahe juga bisa meringankan masalah perut yang terkait dengan flu. Penelitian menunjukkan jahe efektif melawan mual. 

Konsumsilah jahe dalam teh atau sup, atau buat minuman tonik penyembuhan anda sendiri dengan cara memasukkan air hangat dengan jahe segar. 

Zelig menjelaskan jangan mengandalkan jahe kemasan karena kebanyakan merek mengandung sedikit atau bahkan tidak mengandung sama sekali jahe melainkan mengandung banyak gula yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan perut mual.