Perusda
Bank SUlsel Bar

Benarkah Buah Membantu Menurunkan Berat Badan?

on 12/2/18 Oleh Muhammad Fajar Nur
Benarkah Buah Membantu Menurunkan Berat Badan?
Ilustrasi.(Ist)

KabarMakassar.com --- Buah-buahan tidak hanyak baik dalam membantu mencegah dan mengobati penyakit, jika anda mengetahui manfaat lain dari buah selain membantu kesehatan, buah juga dapat digunakan untuk membantu anda memperoleh tubuh ideal.

Zat alami dalam buah seperti vitamin, mineral, antioksidan, serat dan prebiotik tidak hanya menjaga tubuh anda dari berbagai macam penyakit, tetapi juga dapat mengontrol rasa lapar anda.

Menurut penelitian berjudul "Changes in Intake of Fruits and Vegetables and Weight Change in United States Men and Women Followed for Up to 24 Years: Analysis from Three Prospective Cohort Studies" menunjukkan bahwa buah lebih diidentikkan dengan penurunan berat badan, namun tidak dengan penambahan berat badan.

Didukung penelitian "Effects of fruit consumption on body mass index and weight loss in a sample of overweight and obese dieters enrolled in a weight-loss intervention trial" yang menunjukkan lebih dari 130 ribu orang dewasa diatas usia 24 tahun dapat lebih mudah menurunkan berat badannya dari waktu ke waktu dengan mengkonsumsi buah secara rutin dan tepat.

Ini karena kandungan buah dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar terutama keingginan anda terhadap makanan-makanan manis. Buah memiliki kemampuan memenuhi kebutuhan kalori anda sehingga lebih mudah membuat anda merasa kenyang yang menjadi penyebab utama seseorang memiliki permasalahan kenaikan berat badan.

Sedangkan untuk gula alami yang terkandung dalam buah, Time.com melansir penelitian dari American Heart Association dan World Health Organization menunjukkan kandungan gula alami pada buah tidak hanya membantu anda mengurangi rasa ingin mengkonsumsi makanan manis, tapi juga memasok kebutuhan cairan dan kandungan lain yang dibutuhkan tubuh anda seperti serat, vitamin dan zat-zat seperti hesperidin yang telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Sebagai contoh, satu jeruk utuh menyediakan sekitar 17 gram karbohidrat, 12% kebutuhan serat harian Anda, dan hampir 100% jumlah vitamin C yang disarankan, bersama dengan vitamin B, dan potassium.

Namun harus diingat, bukan berarti dalam mencapai tubuh ideal anda dapat memakan buah dengan jumlah yang tidak terbatas.

Buah memang mengandung karbohidrat yang berguna menjadi bahan bakar aktivitas sel anda, jadi jika anda mengkonsumsi banyak buah namun memiliki sedikit aktivitas akan menyebabkan terciptanya lemak akibat karbohidrat yang tidak dimanfaatkan sebagai bahan bakar beraktivitas.

Buah memang dapat membantu anda dalam mendapatkan tubuh ideal anda selain memperoleh kesehatan yang sulit didapatkan di tengah kesibukkan, namun harus diingat bagaimanapun tubuh ideal berjalan lurus dengan konsumsi buah ideal.