Perusda
Bank SUlsel Bar

Menhub RI: Bandara Buntu Kunik Disuntik Rp500 Milliar

1 week, 3 days ago Oleh Fritz Wongkar
Menhub RI: Bandara Buntu Kunik Disuntik Rp500 Milliar
Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi tinjau proyek pembangunan Bandara Buntu Kunik, 12 September 2018. [foto: Andarias]

KabarMakassar.com — Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi meninjau proyek pengerjaan Bandara Buntu Kunik di Kecamatan Mengkendek, Tana Toraja, Rabu 12 September2018.

Menhub RI, Budi Karya Sumadi mengatakan, jika faktor struktur alam di lokasi yang membuat pengerjaan pembangunan bandara tersebut kerap terhambat.

“Presiden meminta untuk terus mengawal proyek pembangunan Bandara Buntu Kunik, dimana jika bandara selesai, potensi wisata Toraja meningkat pesat”kata Budi Karya Sumadi di Toraja.

Lanjut Menhub RI, jika anggaran proyek pembangunan akan dikucurkan Rp500 Milliar dari dana APBN untuk menyelesaikan proyek pengerjaan bandara di Toraja.

Untuk diketahui jika Bandara Buntu Kunik berada sejauh 22 Kilometer dari pusat Kota Tana Toraja. Pembangunan awal bandara ini telah dikerjakan sejak 2011 dan ditargetkan selesai pada akhir 2019.

"Tidak mudah (membangun). Ada gunung sungai, struktur berat dan pekerjaan harus lama," sambungnya.

Dikatakannya, pembangunan landasan bandara Buntu Kunik ini berada diantara 3 bukit. Nantinya, akan ada sebuah sungai yang dibangun di sekitar landasan. 

"Antara 3 bukit harus bikin sungai dan harus ada kekuatan tanah supaya tidak ambles. Kita hasilkan perpanjangan 1.600 tapi harus buat sungai," terangnya.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan telah menganggarkan dana untuk penyelesaian bandara ini dalam dua tahun. Dia berharap pada akhir 2019, pesawat jenis ATR sudah dapat mendarat di bandara Buntu Kunik dari Makassar.

"Kita akan alokasikan dana sebesar Rp 500 miliar dalam dua tahun," ucapnya.