Perusda
Bank SUlsel Bar

Gandeng 17 Kampus, PLN Butuh 16 Ribu Karyawan Baru

on 9/8/18 Oleh Fritz Wongkar
Gandeng 17 Kampus, PLN Butuh 16 Ribu Karyawan Baru
PLN[Ilt]

KabarMakassar.com -- Perusahaan Listrik Negara (PLN) membutuhkan karyawan atau tenaga kerja yang berkualitas untuk disiapkan bekerja di bidang perlistrikan. Sebanyak 16.000 tenaga kerja yang dibutuhan tersbut bakal disebar diseluruh wilayah Indonesia. Bahkan PLN mulai menggandeng 17 kampus di Indonesia untuk bekerjasama dalam tenaga kerja siap pakai dan dibekali dengan memiliki sertifikasi kompetensi.

Untuk diketahui jika PLN bekerjasama dengan 17 perguruan tinggi se-Indonesia untuk melaksanakan Program Diploma III Kerjasama (D3K). Kerjasama dilakukan dalam bentuk penandatanganan Amandemen Perjanjian Kerjasama Diploma III (D3).

Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali mengatakan jika PLN bakal mencari tenag kerja yang lebih spesifik dimana akan merekrut karyawan yang siap pakai dan memiliki bekal sertifikasi kompetensi. Hal tersebut dikatakan Muhammad Ali usai melakukan penandatanganan kerjasama di Swissbelhotel Jl Ujung Pandang Makassar, Rabu 8 agustus 2018.

"Hingga tahun 2020 PLN butuhkan pegawai hingga 16.000 orang dan kebutuhan PLN memang untuk siap pakai, untuk itu kedepannya kerjasama kami dengan kampus-kampus ini mendapatkan karyawan siap pakai dan berkualitas pastinya"kata Muhamad Ali.

Untuk diketahui pula jika Program D3K PLN yang dibuka secara khusus oleh Perguruan Tinggi dimana mahasiswa D3 Kerjasama yang telah lulus seluruh tahapan seleksi akan mulai kuliah dari semester awal.

"Nantinya para mahasiswa yang telah lulus akan diangkat sebagai pegawai PLN jika telah memenuhi syarat yang ditentukan dalam kontrak. Jadi kalau selama pendidikan, mahasiswa diberi kesempatan untuk melaksanakan praktikum dan magang di unit PLN"tambahnya.

Sementara itu jika 5 tahun terakhir dari tahun 2013 program D3 Kerjasama PLN telah diikuti sebanyak 1.673 orang mahasiswa. Bahkan sebanyak 159 orang telah lulus dan diangkat menjadi pegawai. 186 orang telah lulus dan sedang mengikuti Diklat Prajabatan serta 1.328 sedang menjalani kuliah tingkat I,II dan III.

Berikut 17 perguruan tinggi yang melakukan kerjasama dengan PLN, untuk diketahui hanya satu dari Kota Makassar yakni Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP).

- Sekolah Tinggi Teknik (STT) PLN.
- Sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada.
- Univesitas Diponegoro
- Univesitas Cendrawasih
- Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
- Politeknik Negeri Bali
- Politeknik Negeri Jakarta
- Politeknik Negeri Pontianak
- Politeknik Negeri Padang
- Politeknik Negeri Ujung Pandang
- Politeknik Negeri Banjarmasin
- Politeknik Negeri Manado
- Politeknik Negeri Malang
- Politeknik Negeri Semarang
- Politeknik Negeri Medan
- Politeknik Negeri Ambon
- Politeknik Negeri Sriwijaya.