Perusda
Bank SUlsel Bar

Gaya Camat Di Toraja Ngajar Siswa SD Uji Baca Tulis

on 9/8/18 Oleh Fritz Wongkar
Gaya Camat Di Toraja Ngajar Siswa SD Uji Baca Tulis
Camat Saluputti mengajar di SDN 176 Tiakka. [Foto: Andarias/KabarToraja.com]

KabarMakassar.com -- Tidak banyak Camat yang mengisi waktunya untuk turun langsung mengajar di Sekolah, apalagi ditengah kesibukan para Camat untuk mempersiapkan menyambut rangkaian kegiatan HUT kemerdekaan RI ke-73. Camat Saluputti, YB Londong tiba-tiba melakukan kunjungannya di sekolah yang masuk wilayah kerjanya di saluputti yakni SDN 176 Tiakka Saluputti, Tana Toraja.

Aksi Camat yang mengajar siswa sekolah ditengah para guru yang berada sekolah tersebut terkejut melihat Camat Saluputti yang tiba-tiba mengajari siswa sekolah dalam kelas. Hal tersebut dilakukan oleh Camat Saluputti dikarenakan ingin menguji sejauh mana siswa sekolah lancar membaca dan menulis.

"Saya lakukan ini untuk menguji siswa saja, bisa baca dan menulis dan memang tidak cukup guru peran orangtua juga dirumah haruslah selalu memberikan terus perhatian untuk anak-anak kita giat belajar menulis dan membaca"kata YB Londong.

Meski didapati anak kelas 3 SD tersebut belum sepenuhnya lancar membaca dan masih terbata-bata, Camat Saluputti meminta para guru dan pihak sekolah untuk semua yang sudah kelas 3 namun belum lancar membaca untuk diberi bimbingan khusus agar mampu membaca dengan baik dan tidak terbata-bata. 

"Ya kami minta pihak sekolah atau guru khusus untuk ajari anak-anak yang belum mahir membaca dan menulis sekalipun sudah kelas 3 untuk diberi perhatian khusus"kata Camat Saluputti.

Terpisah dengan Kepala Sekolah SDN 176 Tiakka,  Bongga Rapa mengatakan jika dirinya baru menjadi Kepsek di Sekolah tersebut, namun dirinya mengatakan siap untuk memberikan bimbingan khusus bagi siswa sekolah yang sudah kelas tiga untuk membaca dan menulis. 

"Jelas ini tugas kami selaku pengajar di sekolah ini bagaimana caranya agar anak-anak cepat dan lancar menulis dan membaca, kita buatkan bimbingan khusus atau memberikan kelas khusus bagi anak-anak kami ini di sekolah"tambahnya.

Jumlah siswa di SDN 176 Tiakka mencapai 153 dari 6 kelas, dimana rinciannya, Kelas satu 30 siswa, kelas dua 26 siswa, kelas tiga 27 siswa, kelas empat 24 siswa, kelas lima 20 siswa dan kelas enam 26 siswa.