Kabar Makassar

Peranan Demokrat Sulsel Menjaga Stabilitas Ekonomi di Tahun Politik

Pilkada Serentak 2018

  • Rubrik : Wawancara Khusus
  • Penulis : Hendra N. Arthur
  • Terbit : 2 pekan lalu
Peranan Demokrat Sulsel Menjaga Stabilitas Ekonomi di Tahun Politik
Wakil Ketua DPD Demokrat Sulsel, Andi Januar Jauri Darwis. [Foto: ist]

KabarMakassar.com --- DPD Partai Demokrat Sulsel tetap optimis dengan kondisi perekonomian Sulsel yang masih stabil memasuki tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak di Sulsel pada 27 Juni mendatang.

Tingkat pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan (Sulsel) tahun 2017 menempati posisi kedua tertinggi nasional, atau naik dua peringkat dibanding tahun sebelumnya. Menjadi jaminan kondisi perekonomian daerah tetap terjaga dan masih mendapat kepercayaan investors yang akan masuk ke daerah ini.

Untuk mengetahui lebih lengkap bagaimana optimisme Partai Demokrat Sulsel mampu mempertahankan posisi itu. Berikut Wawancara Khusus (Wansus) bersama awak redaksi KabarMakassar.com bersama dengan Wakil Ketua DPD Demokrat Sulsel, Andi Januar Jauri Darwis. Berikut perbincangan kami dengan Politisi Senior Partai Demokrat Sulsel ini : 

  • Bagaimana pandangan DPD Partai Demokrat dengan kondisi perekonomian Sulsel di tahun politik ini ?

Iya. Kami sangat yakin dengan pencapaian Sulsel saat ini. Menduduki peringkat kedua pertumbuhan ekonomi nasional bukan hal yang mudah. Pencapaian ini sangat jelas bisa menjadi jaminan ekonomi Sulsel tidak berpengaruh di tahun politik ini.

Meski dari kacamata partai, hiruk pikuk pemilukada serentak tahun ini jelas berdampak pada eskalasi politik nasional maupun regional. Yang jelas Demokrat Sulsel tetap optimis ekonomi Sulsel tetap tetap stabil.  

  • Apa sih yang menjadi kekhawatiran berbagai kalangan khususnya politisi terkait kondisi perekonomian kita saat ini ?

Begini. Hal ini menjadi kekhawatiran semua pihak. Tahun politik jelas akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi Sulsel yang dikenal salah satu dampak yang tertinggi di Indonesia. 

Kondisi investor yang masih menunggu hasil pemilukada serentak pada Juni mendatang. Sudah sangat jelas akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi khususnya keterpurukan PDRB kita yang sempat menghambat pergerakan ekonomi kita pada masa-masa pemilu 2014 lalu.

Berkaca dari apa yang terjadi pada pemilu 2014 lalu, yang melemah itu adalah komponen PDRB khususnya di sektor investasi. Kita melihat sendiri bagaimana investors cenderung "wait and see". Mereka menunggu hasil politik dalam proses demokrasi yang berlangsung di suatu daerah dan bagaimana konsep ekonomi masing-masing kontestan. 

  • Seberapa penting indikator PDRB mempengaruhi pertumbuhan ekonomi kita saat ini. Tapi ini dari sisi pandangan partai yaa. Bagaimana menurut anda ???

Akselerasi indeks PDRB cukup penting saat ini, karena seperti yang saya jelaskan sebelumnya. Untuk menjadi salah satu indikator keberhasilan pembangunan ekonomi yang kita kenal dengan item belanja rumah tangga, belanja pemerintah hingga ekspor-impor. 

Demokrat Sulsel saat ini sangat fokus memenangkan kontestan usungan kami di Pilgub Sulsel. Paling tidak penguatan dan menjaga stabilitas ekonomi kita sudah mulai bergerak di level pemerintah daerah utamanya perwakilan kami di Fraksi DPRD Provinsi Sulawesi Selatan. 

Kami senantiasa mendukung dan mendorong belanja pemerintah dan rumah tangga bisa menjadi penyeimbang. Ketika posisi sektor investasi yang saat ini dalam posisi "Wait and See". Investasi jelas akan melemah jelang pilkada serentak nanti. Karena investors butuh kepastian. Siapa pemimpin yang bisa menjamin investasi mereka aman di daerah ini.  

Demokrat Sulsel yang selama ini menjadi partai pengusung pemerintah daerah. Terus akan menjamin perputaran uang di masyarakat tetap terjaga dan terdistribusi secara merata. Begitu pula harapan kami belanja pemilukada baik yang dihamburkan penyelenggara maupun peserta. Kami harap bisa seimbang. 

  • Mungkin anda bisa menggambarkan komponen apa yang kira-kira bisa mempengaruhi posisi ekonomi Sulsel yang justru tumbuh di saat kondisi ekonomi nasional tengah terpuruk ?

Kami berharap tidak ada acrobat politik yang bisa menurunkan kepercayaan investor terkait eksplorasi potensi daya produksi barang dan jasa di daerah ini. Ini tanggung jawab kita bersama untuk menjaganya, demikian pula Kepala Daerah yang akan terpilih nanti bisa lebih mudah merealisasikan kebijakan-kebijakan di sektor ekonomi. 

Apalagi Demokrat Sulsel saat ini aktif mengakurasi dan mengawal  segala konsep Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Ichsan Yasin Limpo dan Andi Muzakkar untuk memperkuat proyeksi dengan mempertahankan pencapaian maupun prestasi ekonomi saat ini. 

  • Terakhir, apa yang ingin anda sampaikan ke publik terkait kondisi investasi Sulsel yang stagnan di tahun politik ini ?

Keinginan Partai Demokrat sebenarnya sederhana. Kita hanya ingin agar seluruh pihak bisa menjaga ketahanan ekonomi daerah khususnya kita di timur Indonesia yang selama ini dikawal dengan baik oleh Bapak Gubernur Sulsel. 

Pencapaian pemerintah daerah dibawah komando Gubernur Syahrul Yasin Limpo dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini. Kami harap bisa menjadi modal aktual DPD Demokrat mendorong laju investasi di masa yang akan datang. 
Semoga ketahanan ekonomi yang mapan ini akan berkelanjutan diikuti dengan  pertumbuhan yang terus meningkat. 

Di tahun politik ini, Demokrat Sulsel optimis target even politik nasional  akan terhubung langsung dengan stabilitas ekonomi yang ada di Sulsel baik di tingkat lokal maupun regional. Paling tidak Sulsel bisa kita pertahankan sebagai katalisator ekonomi masyarakat di timur Indonesia. (*)