Perusda
Bank SUlsel Bar

Koalisi Partai Politik Jokowi Sepakati Satu Nama Cawapres

on 24/7/18 Oleh Muhammad Fajar Nur
Koalisi Partai Politik Jokowi Sepakati Satu Nama Cawapres
Jokowi bersama ketua partai koalisi.(Foto: biro pers)

KabarMakassar.com -- Koalisi partai politik pengusung Joko Widodo (Jokowi) pada Pemilihan Presiden 2019 telah menyepakati satu nama sebagai Calon Wakil Presiden yang terkenal dengan strategi "blusukkan itu".

Dilansir Liputan6.com, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M Romahurmuziy menjelaskan koalisi partai yang terdiri dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan PPP menjelaskan satu nama telah disepakati dapat menjadi cawapres Jokowi nanti.

"Koalisi menyepakati secara bulat satu nama cawapres warga terbaik Indonesia untuk mendampingi Jokowi," kata Ketua Umum PPP M Romahurmuziy di Jakarta pad Selasa, 24 Juli 2018.

Adapun penyampaian nama cawapres kepada publikakan diserahkan kepada Jokowi, baik waktu maupun tempatnya.

"Koalisi memberikan kehormatan tertinggi kepada Presiden Jokowi untuk mengumumkan pada saatnya," kata Rommy, sapaan akrabnya.

Menurut Rommy, partai koalisi juga menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi untuk menentukan waktu pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari-hari terakhir pendaftaran Pilpres 4-10 Agustus 2018.

"Menyesuaikan juga dengan kesibukan tugas-tugas negara yang Beliau emban," kata Rommy.

Diketahui, pada Senin 23 Juli 2018 malam bertempat di Istana Bogor, Presiden Jokowi bertemu dengan enam ketua umum partai anggota koalisi, yakni Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan Ketua Umum PPP Romahurmuziy dengan salah satu agenda pertemuan membahas cawapres yang akan mendampingi Jokowi yang merupaka selaku capres petahana pada Pilpres 2019.