Polemik Vaksin Rubella, Pj Gubernur : Percaya Pada Negara

Andhy Sukri

Polemik Vaksin Rubella, Pj Gubernur : Percaya Pada Negara

KabarMakassar.com-- Sejak di luncurkan pada awal Agustus di luar pulau Jawa oleh kementerian kesehatan, program vaksinasi Campak dan Rubella ini menjadi polemik di kalangan ibu-ibu khususnya.

Dikonfirmasi saat menghadiri acara  Hari Keluarga Nasional XXV di Taman Pakui Sayang, Senin 6 Agustus 2018 Penjabat Gubernur meminta jangan percaya dengan isu yang beredar dan menjelaskan betapa bahayanya penyakit Rubella.

"Kita jangan terprovokasi dengan medsos, informasi yang tidak bisa di pertanggung jawabkan. Pemerintah atau negara itu melindungi warganya.  namanya Rubella itu sangat berbahaya dan sekali kena itu nggak ada ampun, meninggal dunia. Ini beda dengan penyakit lain yang dapat di vaksin seperti polio dan campak dan itu masih bisa di sembuhkan ", ujarnya

Dirjen otonomi daerah ini juga menyampaikan perlunya vaksinasi khususnya masyarakat Sulawesi Selatan dan menyakinkan masyarakat Sulsel percaya  kepada negara dengan program Vaksin Rubella ini

"Oleh karena itu seluruh warga Sulawesi Selatan perlu di lakukan vaksinasi dan pemerintah udah memberikan jaminan, percaya kan lah pada negara  karena nggak mungkin negara berbuat jahat pada warganya jadi segala kebijakan sebelum di tempuh udah di lakukan penelitian dan cermati.Oleh karena itu saya minta untuk warga Sulawesi Selatan ikutilah kebijakan pemerintah kerena pemerintah selalu berbuat yang terbaik untuk warganya, tutupnya.

Perlu di diketahui  dikutip dari situs kementerian kesehatan, Campak dan Rubella adalah penyakit infeksi menular melalui saluran napas yang disebabkan oleh virus. Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti diare, radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan bahkan kematian.

Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan.

Vaksin Rubella ini adalah Vaksin yang digunakan telah mendapat rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan izin edar dari Badan POM. Vaksin MR 95% efektif untuk mencegah penyakit Campak dan Rubella. Vaksin ini aman dan telah digunakan di lebih dari 141 negara di dunia.

Penulis :

Editor :