Bupati Bulukumba Buka Pelatihan Calon Paskibraka 2018

Fitriani Lestari

Bupati Bulukumba Buka Pelatihan Calon Paskibraka 2018

KabarMakassar.com -- Tinggal menghitung hari memasuki hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 akan diperingati tahun 2018 ini. Salah satu momentum penting dalam setiap upacara 17 Agustus adalah pengibaran Sang Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten Bulukumba.

Untuk melatih para anggota calon Paskibraka tingkat Kabupaten Bulukumba, Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pemuda dan Olahraga melaksanakan Pelatihan Calon Paskibraka Kabupaten Bulukumba yang resmi dibuka oleh Bupati Bulukumba A. M. Sukri A. Sappewali, Rabu 1 Agustus 2018 di Hotel Agri Bulukumba.

Tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Kini karantina dan pelatihan dalam kelas calon Paskibraka dipusatkan di Hotel Agri, dimana sebelumnya kegiatan tersebut dilaksanakan di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) yang saat ini dalam proses rehabilitasi.

Peserta pelatihan calon Paskibraka tahun 2018 terdiri dari siswa siswi yang berasal dari SMU, SMK, dan Madrasah Aliyah se-Kabupaten Bulukumba yang telah lolos seleksi, dengan jumlah 72 orang, terdiri dari 39 orang putra dan 33 putri. 

Kepala Bidang Pengembangan Pemuda sebagai Ketua panitia, Andi Alauddin melaporkan tujuan pelatihan calon pasukan pengibar bendera pusaka adalah untuk membentuk tim atau petugas pengibar duplikat bendera pusaka pada peringatan mengenang detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke 73 pada 17 Agustus 2018 nantinya.

Bupati Bulukumba A. M. Sukri A. Sappewali yang didampingi Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto mengatakan bahwa untuk menjadi calon pasukan pengibar bendera merah putih tidaklah mudah, harus melalui proses seleksi secara berjenjang melalui tahapan dan proses untuk mendapatkan calon paskibraka.

"Pelatihan ini bertujuan untuk membekali peserta agar dapat memiliki pola pikir, pola sikap dan pola tindak untuk kepentingan bangsa dan negara" ujarnya.

Ke depan, lanjut Andi Sukri, pihaknya akan membekali para siswa sekiranya ada yang berminat masuk TNI, Polri maupun IPDN. Olehnya itu, ia meminta para siswa untuk menjauhkan diri dari sifat tercela, dan tidak konsumsi narkoba.

"Tunjukkan bahwa dirimu adalah yang terbaik, dan panitia tidak salah seleksi memilih kalian sebagai calon Paskibraka tahun 2018 ini," ujar purnawirawan TNI pangkat Kolonel ini.

Pembukaan pelatihan ditandai dengan Penyematan kartu peserta Pelatihan Calon Paskibraka oleh Bupati Bulukumba A. M. Sukri Sappewali. 

Acara pembukaan pelatihan juga dihadiri oleh Ketua DPRD Andi Hamzah Pangki yang juga Ketua Purna Paskibraka Bulukumba, Sekretaris Daerah Andi Bau Amal, Kadis Dikbud Akhmad Januaris, dan Kadispora Andi Asrar Amir

Penulis :

Editor :