Perusda
Perusda

Wisuda Periode IV Tahun 2017/2018 Universitas Hasanuddin

1 pekan, 1 hari lalu Oleh Redaksi
Wisuda Periode IV Tahun 2017/2018 Universitas Hasanuddin
Rektor Universitas Hasanuddin beserta jajarannya saat menggelar Wisuda Periode IV Tahun 2017/2018 di Kampus Unhas Tamalanrea, Jalan Perintis Kemerdekaan Km 10 pada Rabu 11 Juli 2018. (Foto: Humas Unhas)

KabarMakassar.com – Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar Wisuda Periode IV Tahun 2017/2018 untuk program Doktor, Magister, Spesialis dan Profesi di Baruga Andi Pangerang Pettarani, Kampus Unhas Tamalanrea, Jalan Perintis Kemerdekaan Km 10 pada Rabu 11 Juli 2018. 

Acara ini dihadiri oleh Ketua dan Anggota Majelis Wali Amanat, Senat Akademik, Dewan Profesor, para Wakil Rektor dan Sekretaris Universitas, Dekan-dekan dan Wakil Dekan Fakultas dan Sekolah Pascasarjana, Kepala-Kepala Lembaga di Lingkungan Unhas dan Kepala Biro Lingkungan Unhas.

Wisuda Periode IV hari kedua ini diikuti 845 wisudawan, yang terdiri dari Program Doktor, Magister, Spesialis dan Profesi sebanyak 587 orang, ditambah wisudawan program sarjana dari dua fakultas sebanyak 258 orang.  Pada wisuda hari pertama yang berlangsung kemarin (Selasa, 10 Juli 2018) telah diikuti oleh wisudawan dari 13 fakultas lainnya, sehingga total wisudawan program sarjana adalah 1.217 orang.

Adapun rincian jumlah wisudawan hari ini adalah:

- Program Doktor: 48 orang;

- Program Magister: 226 orang;

- Program Pendidikan Dokter Spesialis: 55 orang;

- Program Profesi Dokter: 227 orang;

- Program Profesi Dokter Gigi: 31 orang; dan

- Program Sarjana: 258 orang, yang berasal dari 2 (dua) fakultas, yakni Fakultas Hukum sebanyak 141 orang dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebanyak 117 orang.

Penggabungan wisudawan Program Sarjana (khusus untuk dua fakultas) dengan wisudawan Program Pascasarjana, Spesialis, dan Profesi pada wisuda kali ini dilakukan mengingat jumlah wisudawan Program Sarjana pada periode Juli 2018 ini begitu tinggi yang mencapai 1217 orang.

Jika dilihat dari rata-rata masa studi, para wisudawan hari ini memiliki rata-rata masa studi sebagai berikut:

- Program Doktor: 4 Tahun 5 Bulan;

- Program Magister: 2 Tahun 7 Bulan;

- Program Pendidikan Dokter Spesialis: 4 Tahun 6 Bulan;

- Program Profesi Dokter: 2 Tahun 7 Bulan;

- Program Profesi Dokter Gigi: 4 Tahun 3 Bulan;

- Program Sarjana Fakultas Hukum: 4 Tahun 4 Bulan; dan

- Program Sarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik: 4 Tahun 3 Bulan;

Khusus untuk lulusan terbaik Program Doktor, Magister, Spesialis, dan Profesi pada Wisuda Periode IV ini diraih oleh masing-masing:

1. Wisudawan Terbaik Program Doktor diraih oleh H. Ichsan Yasin Limpo, Doktor Ilmu Hukum dari Fakultas Hukum, dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3,98 dan masa studi 2 tahun dan 5 bulan.

2. Wisudawan Terbaik Program Magister diraih oleh Sri Jaurianty, Magister Teknik Transportasi dari Sekolah Pascasarjana, dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3,78 dan masa studi 1 tahun dan 6 bulan.

3. Wisudawan Terbaik Program Spesialis diraih oleh Eunike, Spesialis Ilmu Penyakit Mata dari Fakultas Kedokteran, dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3,92 dan masa studi 3 tahun dan 4 bulan.

4. Wisudawan Terbaik Program Profesi Dokter diraih oleh Oei Robby Wiranata, dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3,98 dan masa studi 2 tahun dan 2 bulan.

5. Wisudawan Terbaik Program Profesi Dokter Gigi diraih oleh Dedy Ariwansa, dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3,78 dan masa studi 2 tahun dan 8 bulan.

Dalam sambutannya, Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Universitas Hasanuddin, untuk menyediakan pelayanan pembelajaran kepada para wisudawan selama menjalankan program studi lanjut. “Kami tak henti-hentinya berinisiatif untuk mendorong peningkatan kualitas pelaksanaan pendidikan pada semua jenjang di Unhas ini,” kata Prof. Dwia.

Rektor Unhas juga mengajak para wisudawan untuk aktif bahu-membahu berkontribusi dalam pembangunan negeri, bekerja dengan baik pada masing-masing bidang yang ditekuni, dan membangun optimisme sehingga dapat mendaya-gunakan kapasitas wisudawan secara maksimal. 

“Saya ingin mengingatkan agar para wisudawan, khususnya untuk program doktor, selalu aktif mengikuti perkembangan keilmuan yang digeluti. Perkembangan ilmu dan teknologi begitu cepat akhir-akhir ini. Tanpa ketekunan yang memadai, kita semua akan dengan mudah ketinggalan. Sementara untuk wisudawan program Magister, Spesialis, dan Profesi saya harapkan tidak pernah jemu untuk terus meningkatkan kapasitas belajarnya, baik melalui jenjang pendidikan formal S3, S2, Sub-Spesialis, dan Spesialis, maupun melalui proses pembelajaran mandiri,” pesan Prof. Dwia kepada para wisudawan.

Pada kesempatan ini, Rektor Unhas juga menitipkan pesan untuk menjaga nama baik almamater, mengingat posisi Unhas yang telah memperoleh pengakuan baik nasional maupun internasional. 

“Paling tidak kita telah meraih dua pengakuan eksternal, yaitu Akreditasi Institusi Unhas dari BAN PT kembali meraih nilai A tahun ini dengan skor yang sangat membanggakan kita semua. Selain itu, telah terdapat sembilan program studi S1 yang telah disertifikasi oleh Asean University Network–Quality Assurance (AUN-QA). Bahkan saat ini kita telah mempersiapkan empat program studi lagi untuk disertifikasi oleh AUN-QA pada bulan November 2018 ini. Kita juga mempersiapkan empat program studi lainnya untuk diakreditasi oleh ASIIN dari Jerman pada awal tahun 2019 nanti,” kata Prof. Dwia diakhir sambutannya.