Perusda
Bank SUlsel Bar

Polda Sulsel Tetapkan Tersangka Baru Kasus Abu Tours 

Kasus Abu Tours

on 11/7/18 Oleh Imran Arief
Polda Sulsel Tetapkan Tersangka Baru Kasus Abu Tours 
Polda Sulsel saat merilis tersangka kasus Abu tours di Mapolda Sulsel Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar, Rabu 11 Juni 2018 (Foto: KabarMakassar.com)

KabarMakassar.com -- Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Polda Sulsel) Kombes Pol Dicky Sondani resmi menetapkan tersangka baru kasus Abu Tours di Direktorat Kriminal Khusus Polda Sulsel, Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar, Rabu 11 Juni 2018.

Dua tersangka baru yang resmi ditahan adalah istri CEO Abu Tours, Nusyariah Mansyur (34) dan Direksi Abu Tours, Khairuddin Latang ini dikenakan pasal 372 dan 374 KUHP undang-undang nomor 8 tahun 2010 Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dalam kasus umroh murah Abu Tours dengan total kerugian pengguna jasa agen perjalanan ini melebihi Rp 900 miliar.

"Dua tersangka ini kita kenakan pasal 372 dan 374 KUHP Undang-undang nomor 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU)," ungkap Kombes Pol Dicky.

Kedua tersangka tersebut telah resmi menjadi tahanan Polda Sulsel terhitung sejak 10 Juli 2018 kemarin.

Dari Hasil penelusuran, Dirkrimsus Polda Sulsel berhasil mengamankan barang bukti 33 aset nenda tidak bergerak seperti rumah dan tanah, 36 kendaraan roda 4, uang tunai Rp 226.000.000,- dengan total aset sitaan hampir 200 Miliar. 

"Jadi kalau kita totalkan itu hampir 200 Miliyar lebih yang kami sita, dari para terdangka ini, ditambah lagi aset-aset yang lain," tambah Kombes Dicky.

Dicky menambahkan Khairuddin ditetapkan sebagai tersangkan setelah menerima dana jamaah umrah kemudian menyimpan dan menggunakannya untuk kepentingan perusahaan dan pribadi termasukn bonus dari perusahaan berupa satu unit rumah tinggal, satu unit kendaraan roda empat serta ibadah haji beserta istrinya.

Sedangkan hal yang sama dilakukan oleh Nursyahria yang menyimpan uang jamaah umrah serta menggunakan untuk kepentingan pribadinya hingga pihak Abu Tours tidak mampu memberangkatkan jamaah yang telah mempercayai agen penyedia jasa umrah dan haji ini.

Perlu diketahui, Polda Sulsel sebelumnya juga telah menetapkan Direktur Utama PT Abu Tours Abu Hamzah Mamba dan Komisaris PT Abu Tours bernama Khairuddin alias Heruddin M Latang sebagai tersangka kasus penipuan berkedok perjalanan umroh dan haji.