Perusda
Bank SUlsel Bar

Soni Harap Ada Penerapan Smart City di Kota Palopo

on 10/7/18 Oleh Muhammad Fajar Nur
Soni Harap Ada Penerapan Smart City di Kota Palopo
Kota Mesjid Agung Luwu Kota Palopo dari atas udara.(Ist)

KabarMakassar.com -- Kebersihan dan kerapihan arsiktektur gedung baru pusat pemerintahan Palopo mendapat pujian langsung dari Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono saat bersama Istrinya Raden Roro Tri Rachayu dalam kunjungan peninjauan kantor baru Wali Kota Palopo di Jalan Andi Jemma Kota Palopo,  Selasa pagi, 10 Juli 2018.

Disambut oleh Penjabat Wali Kota Palopo Andi Arwien Azis, Dirjen Otda ini langsung menyapa para anggota Satpol PP yang juga antusias menyambut. 

"Ini disini Satpol PPnya lebih banyak perempuan ya?" tanya Soni ke Arwien. 

Selanjutnya, mereka menuju ke bagian Humas, di sini diperkenalkan dengan televisi milik Pemkot Palopo, Ratona TV. Arwien menyebutkan media komunikasi di Pemkab Palopo lengkap. 

Selanjutnya, Sumarsono menuju ruangan Sekretaris Daerah. Di tempat ini Sumarsono menanyakan kantor Wali Kota sebelumnya digunakan untuk kepentingan apa. 

Dijelaskan ke Sumarsono, aktifitas perkantoran Wali Kota Palopo merupakan bekas Rumah Sakit Umum Sawerigading.

Di bagian Badan Kepagawaian Daerah (BKD) Sumarsono menanyakan sistem pengusulan kepangkatan pegawai. Ia mendorong agar digunakan sistem komputerisasi eletronik untuk sistem pendataan, sehingga bisa menjadi early system (peringatan dini) untuk mempertimbangkan kenaikan pangkat seorang pegawai. Termasuk memperhatikan prestasi atau catatan pelanggaran dari seorang pegawai.

"Ke depan harus diterapkan Smart City (kota pintar). Palopo harus merapkan sistem komputerisasi dirintis oleh Pak Arwien dirancang seperti di Makassar.  Sehingga kenaikan pangkat ada early warning, ada peringatan," katanya. 

Kantor ini juga harus memberikan pelayanan dengan kemudahan bagi warga dengan menerapkan sistem eletronik. 

"Apalagi gedung baru. Ini bisa dikerjasamakan dengan SMK-SMK yang ada disini dengan mengembangkan smart city," harapnya. 

Pemkot Palopo sudah saatnya mengantisipasi dengan masuknya era milenial dengan membangun Kota Cerdas Palopo, semua serba otomatis untuk kemudahan bagi masyarakat. 

Ia juga meminta Pj Wali Kota untuk dapat memperhatikan aspek kebersihan dan penghijauan kantor baru ini secara khusus dan Kota Palopo secara umum. 

"Menjadi Behiber saya sebutnya. Kota Palopo yang bersih, hijau dan berbunga. Jauh dari persoalan sampah dan kotoran. Masyarakat juga semakin sadar akan pentinya kebersihan," harapnya. 

Kantor gedung ini juga sedang dalam pembenahan dan Sumarsono menyebutkan Pemerintah Provinsi Sulsel akan memberikan bantuan. Namun, saat ini masih dilakukan penghitungan. Gedung ini sendiri dibangun dari APBD Pemerintah Kota Palopo.