Perusda
Bank SUlsel Bar

Devo: "Creating The Issu" Referensi Humas Sulsel

Terbit 5/7/18 Oleh Fritz Wongkar
Devo: "Creating The Issu" Referensi Humas Sulsel
Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Sulsel Devo Khaddafi bersama Kepala Biro Pemberitaan Parlemen DPR RI Y. O. I Tahapari hanny bahas Crating the issue di Makassar. Rabu 4 Juli 2018 [Foto Humas Pemprov Sulsel]

KabarMakassar.com -- Humas Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dalam hal ini Biro Pemberitaan Parlemen melakukan kunjungan dan studi banding ke Biro Humas dan Protokol Setda Prov. Sulsel,  Rabu 4 Juli 2018. 

Kunjungan ini dipimpin oleh Kepala Biro Pemberitaan Parlemen DPR RI Y. O. I Tahapari hanny,  didampingi Kepala sub bagian analisis media akhyar dan Kepala sub bagian media cetak sugeng serta sejumlah staf peliput dan analis media.

Kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala Biro Humas dan Protokol Devo Khaddafi didampingi Kepala Bagian Humas Amrullah Hanafie dan Kepala Bagian Tata Usaha Fahlevi Yusuf serta pejabat biro humas dan protokol lainnya. 


Dalam kesempatan ini, Kepala Biro Pemberitaan Parlemen DPR RI Y. O. I Tahapari hanny membeberkan sejumlah terobosan yang dilakukan untuk memaksimalkan peran humas DPR RI.

Salah satu yang diiunggulkan saat ini adalah peran analisis media terkait pemberitaan yang menonjol yang berujung pada terbitnya rekomendasi yang ditujukan langsung pada pimpinan atau komisi terkait di DPR. Rekomendasi inilah menjadi dasar pimpinan untuk menyampaikan pendapat atau menyoroti permasalahan yang sedang muncul. 

Dengan keberadaan tim analisis ini,  humas tidak lagi menjadi pengikut sebuah issu tetapi menjadi pembuat issue untuk kepentingan masyarakat ( creating the issue).

"Humas saat ini bisa mengubah stigma yang negatif. Tim analisis kami membuat rekomendasi langsung ke pimpinan dewan. Kita creating the issue ditinjau dari berbagai aspek politik,  hukum,  komunikasi dan ekonomi", Jelas Tahapary Hanny.

Sementara itu,  Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Sulsel Devo Khaddafi mengapresiasi kunjungan ini. 

Sejumlah terobosan humas selama ini juga dipaparkan termasuk terbentuknya forum humas sulsel yang dipelopori oleh biro humas dan protokol serta produk unggulan humas lainnya. 

"Humas selalu berusaha menyampaikan capaian Pemprov Sulsel Humas melalui Media Internal maupun media secara umum. Bahkan Sulsel mendapat penghargaan dri PR indonesia sebagai pemerintah provinsi terpopuler salah satunya karena pemberitaan yang positif", Papar Devo. 

Menanggapi produk unggulan humas DPR RI,  Devo menilai hal ini bisa menjadi referensi untuk Humas di Sulsel. 

"ini bagus sekali, kita belajar dari teman-teman DPR RI bagaimana creating the issue. Dan kita bisa meniru." Lanjut Devo. 

Dalam kegiatan ini juga dipaparkan keberhasilan Sulsel di berbagai bidang,  dan diakhir dengan penyerahan cinderamata kepada Tim Pemberitaan Humas DPR RI.(*)