Ini Aktifitas Tim Medis Unhas di Agats Papua

Aksi Kemanusiaan Asmat

Ini Aktifitas Tim Medis Unhas di Agats Papua

KabarMakassar.com --- Tim medis dam Kesehatan Unhas mulai membagikan bantuan kemanusiaan ke korban bencana yang terjadi di Agats, Kabupaten Asmat, Papua.

Tim medis yang dipimpin Prof Dr dr Idrus Paturusi, SpBO ini menggelar rapat persiapan rencana kegiatan di lapangan selama empat hari di Agats. 

"Rapat persiapan membahas kegiatan di Agats. Kita telah melakukan konsolidasi dengan pemerintah setempat untuk menyusun program kedepan. Selain program rehabilitasi, kita akan melakukan kegiatan jangka panjang, " ungkap Prof dr Budu, PhD yang juga Wakil Rektor Bidang Inovasi dan Kerja sama.

Usai berjibaku di atas kapal Sirimau, tim medis dan kesehatan Universitas Hasanuddin akhirnya berlabuh pukul 16.20 WIT di pelabuhan Agats, Jumat 9 Februari 2018 lalu 

Para penumpang tujuan Agats pun bersiap untuk turun ke pelabuhan melalui tangga di dek 5 Sirimau.

Rombongan Unhas turun setelah semua penumpang tidak berdesak-desakan.

Apalagi tim medis Unhas membawa 33 dos obat-obatan, bahan makanan, susu, dan perlengkapan tidur.

Semua barang donasi tersebut diurus sendiri pengangkutannya oleh tim medis dengan bantuan jasa buruh yang berjejal di pelabuhan.

Sebelumnya BBC Indonesia melaporkan wabah campak dan gizi buruk di Papua ternyata tidak hanya terjadi di Kabupaten Asmat, tapi juga di wilayah Pegunungan Bintang yang berjarak 286 km dari Agats, ibukota Asmat.

Sementara jumlah korban terus meningkat. Hampir 100 orang meninggal di dua kabupaten tersebut, kebanyakan anak-anak (*)

Penulis :

Editor :