Perusda
Bank SUlsel Bar

Ini Catatan Kekurangan Stadion Mattoangin

Terbit 6/2/18 Oleh Baba Duppa
Ini Catatan Kekurangan Stadion Mattoangin
Verifikator PT Liga Indonesia Baru Surya Binanga saat melakukan verifikasi lapangan di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging Jalan Cendrawasi Makassar, Selasa (6/02/18). [Foto: Imran Arief]

KabarMakassar.com --- PT Liga Indonesia Baru atau LIB melakukan verifikasi terhadap Stadion Andi Mattalatta Mattoangin Makassar yang merupakan homebase club sepak bola kebanggaan warga Makassar yakni PSM Makassar.

Verifikasi jelang dimulainya Liga 1 2018 ini dilakukan dengan peninjauan langsung ke Stadion Mattoangin mulai petang hingga malam, Selasa 06 Februari 2018.

Tim verifikasi PT LIB mengecek sejumlah titik diantaranya lapangan, fasiltas, tribune, akses masuk keluar penonton dan pemain, serta penerangan stadion.

Secara menyeluruh, untuk fasilitas dan lapangan sudah cukup baik. Namun masih ada beberapa hal yang disarankan untuk diperbaiki diantaranya ada bagian tribun yang bocor. Sebagai catatan tim verifkasi menilai jika ada bagian yang perlu menjadi perhatian khusus yakni Technical Bench yang tergenang air cukup tinggi.

"Beberapa catatan yang akan disampaikan, saya masih mau lanjut melihat akses suporter masuk dan juga fasilitas. Kalau kita berbicara stadion bukan hanya lapangan tetapi bagaimana akses penonton dan bagaimana suporter menonton. Untuk aspek dalam fasilitas sudah cukup baik tinggal beberapa hal yang memang kita sarankan diperbaiki. Sepengetahuan saya kayak area Technical Bench tergenang cukup tinggi. Kalau lapangan tergenang tapi cepat surut. Tribun beberapa tempat bocor ," Kata Surya Binanga tim Verifikator Liga Indonesia Baru.

Sebelumnya PSM Makassar mendaftarkan Stadion Andi Mattalatta Mattoangin sebagai stadion utama. Sementara, Stadion Batakan Balikpapan, Kalimantan Timur didaftarkan sebagai stadion alternatif.

"Diawal kami sudah mengirim formulir untuk mengisi itu ada dua stadion yakni utama untuk home base tim, dan kedua ada stadion alternatif kalau tidak memenuhi syarat stadion utama. PSM mengajukan Andi Mattalatta dan Batakan," Lanjut Surya.

Usai melakukan peninjauan, hasilnya akan dilaporkan ke manajemen PT LIB apakah Stadion Mattoangin lolos menjadi tuan rumah pelaksanaan pertandingan Liga Satu 2018 mendatang.

PSM Makassar sebelumnya diberitakan terancam menjadi tim musafir karena masalah penerangan. Kapasitas lampu Stadion Andi Mattalatta Mattoangin disebut baru mencapai 600 Lux. Padahal, standar kapasitas lampu sesuai aturan operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru, adalah 800 artinya masih ada kekurangan 200 Lux. (*)