ILO Luncurkan Kampanye “Hak Kami Sama” di Makassar

Organisasi Dunia

ILO Luncurkan Kampanye “Hak Kami Sama” di Makassar

KabarMakassar.com --- Kampanye untuk meningkatkan kondisi kerja pekerja rumah tangga (PRT) bertajuk “Hak Kami Sama” dengan upaya menjangkau para pemberi kerja dan masyarakat luas akan diluncurkan oleh Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) di Makassar, pada Senin, 12 Februari, di Panakukkang XXI, Makassar, Sulawesi Selatan. Peluncuran ini diadakan sejalan dengan peringatan hari PRT Nasional yang jatuh pada tanggal 15 Februari dan Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional.

Kampanye ‘Hak Kami Sama’ terdiri dari video-video pendek, yang memperlihatkan peran penting para PRT dalam kehidupan masyarakat serta perjuangan, perjalanan dan harapan PRT. Kampanye ini terfokus pada hak kerja PRT yang kerap terlupakan, di antaranya, hak kerja PRT atas satu hari libur/cuti, memiliki kontrak kerja, terlindungi oleh sistem jaminan kesehatan nasional, usia minimum untuk bekerja sebagai PRT serta mendapatkan kondisi kerja yang aman dan sehat.

Kampanye ini juga terfokus kepada para majikan – mendorong mereka untuk menghormati hak-hak PRT di rumah mereka sendiri. Selanjutnya, Kampanye menegaskan upaya-upaya yang dilakukan PRT dan organisasi mereka untuk diakui sebagai pekerja dan mempromosikan pekerjaan layak untuk PRT.

“Peningkatan kesadaran merupakan salah satu aksi penting dalam mengubah pandangan masyarakat mengenai PRT. Diharapkan melalui antologi video pendek ini, masyarakat luas, terutama para majikan, dapat merenungi dan mempertimbangkan kembali hubungan mereka dengan para PRT mereka, termasuk memastikan kondisi kerja yang aman dan sehat. ILO percaya pekerjaan layak untuk PRT dimulai dari rumah kita sendiri,” ujar Michiko Miyamoto, Direktur ILO untuk Indonesia.

PRT mewakili kelompok pekerja perempuan terbesar yang bekerja di dalam rumah tangga baik di negara mereka sendiri maupun di luar negeri. Saat ini, ILO, berdasarkan data Pusat Biro Statistik (BPS), memperkirakan terdapat sekitar 4 juta pekerja rumah tangga di Indonesia; di antaranya sekitar 85 ribu merupakan anak-anak di bawah 18 tahun.

Bekerja sama dengan Cinema XXI, jaringan bioskop terbesar di negara ini, peluncuran di Makassar ini menandai peluncuran kedua kampanye ini di tiga kota. Peluncuran sebelumnya diadakan di Lampung pada 10 Februari dan peluncuran akhir diadakan di Malang pada 15 Februari. Ketiga kota ini merupakan daerah sasaran dari program ILO untuk mempromosikan pekerjaan layak untuk PRT dan menghapuskan PRT anak (PRTA) di Indonesia: Proyek ILO-PROMOTE.

Didanai Departemen Perburuhan Amerika Serikat (USDOL), Proyek ILO-PROMOTE bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan keahlian dalam mengurangi PRTA dan mempromosikan pekerjaan layak untuk PRT. Proyek ini telah berjalan di Indonesia selama empat tahun sejak 2013 dan akan berakhir pada Maret 2018.

Penulis :

Editor :