Kabar Makassar

Selama Libur, Wisatawan ke Bira Tembus 30.764 Pengunjung

  • Rubrik : Pariwisata
  • Penulis : Fritz Wongkar
  • Terbit : 3 pekan, 3 hari lalu
Selama Libur, Wisatawan ke Bira Tembus 30.764 Pengunjung
Pantai Pasir Putih Tanjung Bira, [Foto: Fitriani Lestari]

KabarMakassar.com -- Libur panjang dalam rangka lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah dimanfaatkan keluarga untuk mengunjungi tempat-tempat wisata. Tidak terkecuali destinasi wisata pantai pasir putih di Tanjung Bira.

Pesona wisata bahari Bulukumba memang tak diragukan lagi. Setiap libur panjang, Tanjung Bira menjadi tempat wisata favorit, sehingga selama liburan, total pengunjung di Tanjung Bira mencapai 30.764 wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata, Ali Saleng mengungkapkan, kunjungan tersebut dari wisatawan lokal, domestik hingga mancanegara. Mendominasi pengunjung domestik dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan dan juga ada dari luar pulau, sedangkan pengunjung asing hanya beberapa saja. 

Puncak membludaknya kunjungan terjadi pada Sabtu malam, sehari usai pelaksanaan hari raya Idul Fitri.

 "Malam minggu itu mi puncaknya membludak pengunjung dan masih ramai sampai cuti bersama selesai," ungkap Ali Saleng.

Total kunjungan itu, lanjut Ali Saleng berdasarkan rekap data hingga Rabu, 20 Juni oleh petugas pemungut retribusi dan yang ditempatkan di Tanjung Bira. Dengan puluhan ribu pengunjung, diserap Pendapatan Asli Daerah (PAD) dikisaran Rp 400 juta. 

Meskipun pengunjung terbilang banyak, namun jumlah tersebut belum sesuai ekspektasi oleh karena belum mencapai target PAD yakni Rp 500 juta.

"Pengunjung memang banyak tapi liburan kali ini berbeda dengan tahun lalu. Tahun ini banyak libur sebelum hari raya, tahun lalu libur panjang setelah hari raya, padahal banyak wisatawan yang mengagendakan liburan pasca lebaran," ujarnya.

Kunjungan wisatawan berbagai spot wisata di Bulukumba, kata Ali Saleng menjadi bukti bahwa pesona wisata bahari Bulukumba cukup populer. 

Meskipun tak terjadi peningkatan signifikan dari jumlah kunjungan liburan tahun sebelumnya. "Kan tahun lalu banyak libur pasca lebaran dan juga ada event Bira Beach Run," katanya. [Fitriani Lestari]


Pemprov 1