Kabar Makassar

Sri Endang: Obor Akan Diarak Menuju Bulukumba 28 Juli

  • Rubrik : Umum
  • Penulis : Nur Fadhila Sofyan
  • Terbit : 1 pekan, 5 hari lalu
Sri Endang: Obor Akan Diarak Menuju Bulukumba 28 Juli
Ilustrasi.(Ist)

KabarMakassar.com -- Dinas Kepemudaan Olahraga Sulawesi Selatan tengah melakukam persiapan pelaksanaan Torch Relay Asian Games yang akan melintas di Kota Makassar dan Kabupaten Bulukumba di Sulsel.

Torch Relay akan dilaksanakan sekitar enam minggu sebelum acara Indonesia Asian Games 2018. Obor Asian Games akan diarak sejauh 10.000 kilometer yang melalui 50 Kabupaten/Kota di Indonesia termasuk Sulsel. Pelaksanaan torch relay di Sulawesi Selatan akan dimulai dari Kota Makassar dan Bulukumba pada 28 - 30 Juli 2018.

Dispora Sulsel sudah membentuk tim internal dan siap menyambut obor Asian Games di Sulsel. Ini momentum langka yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh pemerintah provinsi.

Sri Endang saat diwawancarai KabarMakassar.com, Selasa 12 Juni 2018 menjelaskan bahwa tanggal 28 Juli pagi setelah diterima di bandara Sultan Hasanuddin, obor akan diarak menuju Bira Kabupaten Bulukumba melalui lima kabupaten dan  satu kota, diantaranya Maros, Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto dan Bantaeng disetiap Ibukota arakan obor akan berjalan, bermalam di Bira & mengikuti festival Bulukumba (promo potensi daerah terutama wisata), paginya tgl 29 Juli 2018 obor diarak menuju pantai losari Makassar, untuk persiapan akan singgah sebentar di Gowa. Di pantai losari akan ada booth-booth dari berbagai daerah, selanjutnya akan diarak kelililing Makassar menuju Rujab Gubernur untuk bermalam dan paginya lagi ke bandara Sultan Hasanuddin menuju daerah lain.

Kabupaten Bulukumba dipilih karena potensi wisatanya yang menonjol dengan berbagai aspek baik seni, budaya maupun adatnya yg terkenal dengan Suku Kajang dan Perahu Pinisinya. Menurut Sri Endang destinasi wisata yang ada di Bulukumba sudah diakui bisa jadi Bali kedua.

"Penjabat Gubernur sangat merespon dan sudah memerintahkan kami agar memeriahkan secara maksimal dan menjadi leading sektor yang baik dalam penyambutan kegiatan olahraga internasional bergengsi Asian Games 2018 ini, semua yg terkait akan menggunakan baju Asian Games untuk promo dan ini akan ditampilkan dalam bentuk vidio untuk ditayangkan di Jakarta "pungkas Sri Endang.

Pada momentum ini Pemerintah Provinsi berharap dalam keterlibatan semua media dan berbagai sektor untuk terlibat, himbau untuk memastikan Pemda Kabupaten/Kota berpartisipasi, terkhusus Kabupaten atau Kota yang akan disinggahi sebagai panitia pelaksana penanggung jawab.

"Khusus untuk Dinas Kepemudaan & Olahraga Provinsi Sulsel sebagai leading sektor mengusulkan anggaran dana kurang lebih Rp1.5 miliar karena ini masih akan berproses untuk pembahasan & persetujuan DPRD Provinsi. Sulsel, " tambah Sri Endang.

Sri Endang berharap agar semua masyarakat Sulsel  berpartisipasi menyambut dengan meriah karena ini gengsi bersama atau gengsi nama baik Indonesia dalam penyelenggaraan Asian Games.


Pemprov 1